Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Friday, September 20, 2019
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Agar Tetap Produktif Bekerja Saat Lelah

Views

Topcareer.id Selama bekerja, kita akan selalu berhadapan dengan setumpuk pekerjaan yang harus diselesaikan sebelum deadline. Tidak bisa dipungkiri ini sangat menguras energi.

Belum lagi gangguan saat bekerja seperti membalas email, menjawab panggilan telepon, interaksi dengan divisi lain sudah pasti menghabiskan waktu dan tentunya melelahkan. Bagaimana agar kita tetap produktif saat dilanda kelelahan sewaktu bekerja?

Dilansir dari creativeandcoffee.com Senin (09/09/2019) berikut ini ada beberapa hal yang bisa dilakukan.

Cuci muka dan berdandan
Saat kelelahan, cobalah untuk beranjak sejenak dari tempat kerja dan cuci muka serta berdandan. Merasa bersih dan segar bisa membuat kita merasa lebih siap dan bersemangat. Kita pun bisa kembali bekerja dengan optimal.

Nikmati alam sejenak
Bekerja seharian menatap layar komputer dan terkena dinginnya AC ruangan membuat tubuh menjadi lelah dan jenuh. Pergilah keluar sebentar mengambil terpaan sinar matahari dan melihat kondisi diluar kantor seperti ke taman misalnya. Kegiatan ini selain untuk refreshing, bisa juga membantu otak memproduksi hormon yang membantu mudah tidur dimalam hari.

Olahraga ringan
Ketika lelah menyelesaikan pekerjaan, tubuh biasanya kaku dan terasa pegal. Rehatlah sejenak dan lakukan olahraga ringan seperti berjalan dan stretching (peregangan). Olahraga ringan bisa melemaskan otot dan badan yang terasa kaku.

Minum
Periksa tubuh apakah kita cukup minum saat bekerja. Terlalu sibuk bekerja biasanya membuat kita lupa untuk memberi asupan air yang cukup pada tubuh kita. Bahkan dehidrasi ringa kehilangan skitar 1-2% cairan tubuh saja sudah cukup untuk mengganggu fokus pikiran kita.

Set timer
Banyaknya pekerjaan yang menumpuk seringkali membuat kita mengabaikan untuk merespon pesan penting yang datang dari email. Tidak masalah untuk memprioritaskan tugas yang lebih berat yang sedang dikerjakan. Tetapi setting lah pengingat waktu untuk mengingatkan kita dalam merespon email penting. Jadi pekerjaan utama kita selesai dan email penting pun terjawab.

Istirahat
Jangan melewatkan waktu untuk beristirahat sesibuk apapun kita dalam bekerja. Tubuh dan otak perlu diisi ulang. Lebih pilih mana, tetap bekerja saat waktunya istirahat selama satu jam namun yang tercapai hasilnya sedikit, atau menggunakan waktu istirahat satu jam lalu saat kembali bisa menyelesaikan lebih banyak pekerjaan?*

Editor: Ade Irwansyah

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply