Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, September 25, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Tips Pelatihan Agar Tidak Membosankan

Topcareer.id – Saat mengikuti suatu pelatihan yang menyita waktu cukup lama, seringkali kita merasa jenuh dan kehilangan konsentrasi. Materi yang disampaikan pun akhirnya tidak terserap dengan maksimal.

Menurut Benny Agung Chrisdianto, salah satu Trainer di Global Top Career, dalam sebuah pelatihan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Seperti jumlah peserta, durasi acara, hingga pengemasan materi.

Jumlah peserta yang efektif untuk pelatihan berkisar antara 20 sampai 25 orang. Benny menilai, semakin banyak peserta, maka akan semakin banyak gangguan yang didapat. Gangguan itu bisa datang dari ponsel maupun teman pelatihan.

“Rata-rata 10 sampai 15 menit sudah ada tanda-tanda mereka sudah penat. Nah di situlah kita memasukkan humor, buatkan permainan ataupun kita memberikan gestur-gestur yang bisa mengundang gelak tawa dari para peserta.” ujarnya usai melakukan pelatihan Consultative Selling Skills di Menara Dynaplast, Jakarta (6/9/2019).

“Terkadang kita terlihat seperti orang yang aneh, tapi itu semua kita lakukan untuk kelas agar lebih fun.”

Ketika menyampaikan materi, Benny mengemas-nya dengan ringan dan fun. Ia juga kerap memberi contoh kasus yang sering ditemukan di kehidupan sehari-hari, sehingga para peserta bisa dengan mudah menangkap maksud yang disampaikan.

Editor: Feby Ferdian

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply