Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, March 29, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Begini Kriteria Pemimpin Sejati, Kamu Punya Ciri-cirinya?

Topcareer.id Siapapun bisa menjadi manajer atau seorang bos. Namun tidak semua orang bisa menjadi bos yang baik.

“Seorang bos hebat berkontribusi pada pertumbuhan perusahaan (mereka) dan orang-orangnya,” kata Ora Shtull, seorang pelatih eksekutif. Jika ingin menjadi bos yang hebat atau pemimpin sejati, coba praktikkan empat kebiasaan ini.

Bekerja dengan karyawan

“Kamu mungkin terbiasa memiliki kendali penuh atas beban kerjamu, tetapi menjadi bos akan memaksa kamu untuk melepaskan kendali itu dan mendelegasikan beberapa tanggung jawab,” kata Shtull dalam laman Business News Daily.

Ia menyampaikan, jika tidak bisa bekerja dengan karyawan, maka pemimpin tidak akan memiliki kapasitas untuk melakukan hal-hal yang lebih senior. “Libatkan, delegasikan. Tetapi penting untuk dicatat bahwa mendelegasikan tidak berarti meninggalkan tim atau mengorbankan tanggung jawab.”

Hargai karyawan

Atasan yang baik mengenali karyawan mereka dan mengungkapkan rasa terima kasih. Karyawan ingin merasa dihargai dan pekerjaan mereka diperhatikan. Ketika pemimpin menghargai mereka untuk pekerjaan yang dilakukan dengan baik, itu memotivasi untuk terus bekerja keras.

“Sederhananya, bos besar sering berhenti untuk memuji orang lain dan mempromosikan hal yang positif, daripada mengabaikan kekurangan dan kesalahan,” kata Shtull.

Jika pemimpin gagal memberikan umpan balik positif, karyawan berpikir pekerjaan mereka tidak diperhatikan dan akan mulai kurang peduli.

Jadilah komunikator yang baik

Presiden Revela, Anrea Fredrickson mengatakan, atasan yang hebat akan transparan. Mereka menetapkan harapan dan berkomunikasi secara efektif dengan anggota tim untuk memastikan semua orang berada di tujuan yang sama. Ia membuat karyawan mereka bekerja dengan cara yang paling baik bagi mereka.

“Ini membuat karyawan fokus pada hasil tanpa mendikte prosesnya. Karyawan dapat menemukan cara terbaik untuk memenuhi harapan dan (menciptakan) peningkatan proses,” kata Fredrickson.

Pelatih bagi tim

Untuk membuat tim yang berdedikasi dan berharga, seorang pemimpin harus mengadvokasi mereka. Seperti pelatih yang baik, pemimpin harus membuat karyawan termotivasi dan bersemangat dengan pekerjaan yang mereka lakukan. Ini akan membantu tim menghindari kejenuhan dan menikmati hasil kerja terbaik mereka.

“Manajer yang efektif melatih dengan mengajukan pertanyaan, memberdayakan anggota tim mereka untuk berpikir secara mendalam dan menghasilkan solusi. Pada gilirannya, anggota tim mendapatkan kepercayaan diri dan tumbuh, dan, pada akhirnya, menjadi bos yang luar biasa,” ujarnya.*

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply