Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Monday, September 16, 2019
redaksi@topcareer.id
Sosok

Mengenal Kerajinan Sospeso Transparante ala Desi Ariani

Views

Topcareer.id – Karya seni di era milenial semakin beragam. Beberapa yang tengah naik daun adalah kerajinan asal Italia, Decoupage dan Sospeso Transparante. Keduanya sudah sering hadir pada pameran-pameran karya seni.

Desi Ariani, seorang crafter asal Depok telah menekuni Sospeso Transparante sejak 4 tahun lalu. Aktivitas tersebut dilakukannya setelah berhenti bekerja dari sebuah kantor pemerintah.

“Awalnya saya mempelajari seni Decoupage yang merupakan sebuah teknik membuat hiasan dari suatu media menggunakan tisu khusus yang sudah bermotif. Dari sana saya menemukan karya seni lain yaitu Sospeso Transparante.” ujar Desi saat ditemui di workshop sekaligus tokonya, Little Grande, Grand Depok City, Depok, Selasa (10/9/2019).

Sebagian hasil karya Desi Ariani yang terdapat di workshopnya. (Topcareer.id/Rino Prasetyo)

Menurut Desi, Sospeso Transparante diciptakan oleh crafter asal Italia bernama Monica Allegro. Seni ini menggunakan bahan dasar tisu bermotif, kain, atau kertas, yang diolah dengan cara ditempel di thermal film, lalu dibentuk (emboss) menjadi 3 dimensi.

Nantinya, teknik ini bisa digunakan untuk membuat ornament penghias dompet (clutch), tas , bros, hiasan dinding, dan sebagainya.

Pemasaran Sospeso Transparanter

Desi yang tergabung dalam komunitas Crafter Depok, mendistribusikan hasil karyanya melalui bazaar-bazaar kerajinan tangan. Karya seninya juga telah dipasarkan di Prancis dan Belanda, meski dalam jumlah yang masih terbatas.

Bagi yang tertarik mendalami Sospeso Transparanter, bisa mengikuti pameran karya seni dan workshop Desi di Art & Craft Expo 2019 yang akan digelar pada 23-29 September 2019. Kamu juga bisa mengintip produk-produknya di akun Instagramnya, @nichicraft,

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply