Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, April 24, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Cara Tetap Fokus pada Tujuan Karier

Dok. Linkedin

Topcareer.id Dalam berkarier, kita pasti memiliki target. Misalnya, dalam lima tahun kamu menargetkan diri berada di posisi manajer. Lalu, beberapa tahun setelahnya kamu punya target menjabat VP (vice president).

Meski punya angan-angan selangit, tidak semua orang bisa berpegang teguh pada rencana kerja tersebut. Tidak jarang, saat melaksanakannya, banyak sekali gangguan yang pada akhirnya menghambat kelancaran target karier kita.

Melansir careerwise.minnstate.edu, ada beberapa cara kita tetap berpegang menjalankan rencana dan goal setting yang sudah ditentukan.

Jangan hanya menulis rencana kerja

Jangan hanya menulis rencana kerja pada buku catatan, tetapi buatlah sticky notes untuk ditempelkan di bagian yang sering kamu lihat selain di meja kerja. Contohnya cermin kamar atau pintu kulkas. Jadi walaupun sudah di luar tempat kerja, kamu akan tetap mengingat dengan baik rencana yang telah dibuat dan tetap fokus kapanpun, di manapun.

Tetapkan deadline

Buatlah batas deadline dari setiap rencana yang kita buat, lalu latih diri untuk menepatinya. Kamu bisa memulainya dari rencana yang paling ringan dulu.

Cari partner yang sejalan

Supaya bisa komit mencapai tujuan, tidak ada salahnya mengajak rekan yang memiliki tujuan dan rencana yang sama. Ini bisa menambah motivasi dan berguna untuk saling mengingatkan dan menguatkan saat sudah mulai melenceng.

Beri hadiah untuk diri sendiri

Bekerja menjalankan rencana agar tujuan tercapai merupakan hal yang berat dan melelahkan. Pikirkanlah sebuah hadiah kecil untuk diberikan pada diri sendiri. Hal ini, selain bisa menghargai hasil kerja diri sendiri, juga bisa memotivasi untuk tetap fokus pada tujuan.*

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply