Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Monday, September 16, 2019
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Obati Insomnia dengan Meditasi. Yuk, Dicoba!

Views

Topcareer.id Sulit tidur saban malam? Kamu mengidap insomnia, tuh. Kalau insomnia menjadi sumber kamu susah terlelap di malam hari, mungkin kamu perlu mencoba meditasi.

Teknik relaksasi mendalam ini terbukti meningkatkan waktu tidur, meningkatkan kualitasnya serta bisa membuatmu jatuh tidur lebih mudah.

Nah, ada cara khusus bermeditasi agar mudah tidur. Seperti dilansir laman National Sleep Foundation ada beberapa fakta tentang meditasi yang dapat meyakinkanmu kenapa ini cara terbaik mengatasi insomnia.

Aman. Meditasi bisa menjadi cara terbaik buat kamu yang menyukai hal-hal yang bersifat alami untuk mengobati insomnia. Faktanya juga, meditasi terbukti mengurangi penggunaan pil tidur. Selain itu, tak ada efek samping dari bermeditasi.

Dapat digunakan dengan terapi tidur lain. Seperti menggabungkan meditasi dengan terapi perilaku kognitif (CBT-I). Meditasi telah terbukti meningkatkan kualitas tidur lebih baik daripada hanya melakukan terapi perilaku kognitif(CBT-I).

Ada banyak manfaat kesehatan. Meditasi tidak hanya meningkatkan kualitas tidur kamu, tetapi bisa juga membantu mengurangi tekanan darah, meringankan rasa sakit, kecemasan dan juga depresi.

Mudah. Meditasi dapat dilakukan di manapun dan kapanpun. Untuk melakukannya juga tak perlu biaya banyak. Selain itu ia dapat dilakukan semua orang. Penderita insomnia dari berbagai usia merasakan manfaat bermeditasi ini. Walau kamu bisa ikut kelas meditasi atau beli buku-buku terkait hal itu, kamu juga bisa mencari aplikasi gratis atau melihat latihannya di Youtube.

Lalu, bagaimana cara bermeditasi untuk mengatasi insomnia?

Mulailah dengan menemukan tempat yang nyaman untuk dudduk atau berbaring. Lalu tutup mata kamu dan bernapaslah perlahan, hirup dalam-dalam kemudian hembuskanlah napas kamu. Jika pikiran kamu mulai melayang, kembalikan fokusmu dengan kembali bernapas.

Kamu dapat mencobanya 5 menit dahulu kemudian tambahkan waktunya pelan-pelan seiring kamu kian nyaman melakukannya. Selamat mencoba.*

Penulis: Melisa Fitri
Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply