Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Jumat, Juli 30, 2021
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Tips Jadi Desainer Grafis Handal Tanpa Kuliah

Topcareer.id – Profesi desainer grafis akhir-akhir ini mulai diminati. Banyak startup dan perusahaan advertising yang kini membutuhkan jasanya.

Untuk menguasai skill ini, biasanya orang-orang akan mengambil kuliah dengan program studi graphic design.

Namun, mengingat kuliah jurusan ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit, timbullah keresahan bagi kaum milenial yang ingin menekuni profesi ini.

Pertanyaannya, bisakah kita mempelajari desain grafis tanpa kuliah? Dikutip dari wikihow.com, tentu saja bisa. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan:

Banyak berlatih

Di era sekarang, ada banyak cara untuk mempelajari desain grafis. Kamu bisa membeli buku yang dijual di pasaran, atau mempelajarinya lewat video-video tutorial di YouTube.

Cobalah latih diri kamu dengan membuat karya-karya sederhana berdasarkan petunjuk tersebut. Buatlah diri kamu terbiasa menggunakan software dan alat-alat pendukung desain grafis lainnya.

Selain belajar sendiri di rumah, kamu juga bisa mencoba mendatangi komunitas desainer grafis. Di sana kamu akan banyak bertemu dengan banyak pakar, lalu bisa belajar dari sana.

Freelance

Beranikan diri kamu untuk mengikuti freelance pada perusahaan yang membutuhkan jasa desain grafis. Informasi freelance semacam ini bisa kamu dapatkan dari komunitas-komunitas terkait.

Mengikuti kursus

Perdalamlah skill graphic design kamu dengan mengikuti sejumlah kursus. Tidak perlu yang terlalu mahal, namun carilah yang bersertifikat. Ini penting sebagai bahan pendukung saat kamu mencari kerja nanti.

Cari teman yang master di bidangnya

Dengan memiliki teman dekat yang jago desain grafis, kamu akan punya banyak kesempatan untuk bertanya dan berlatih secara langsung.

Dengarkan dengan baik kritik-kritik yang ia berikan atas hasil pekerjaanmu. Apa yang dia utarakan sangat penting untuk perkembangan kemampuanmu.

Nah, itu tadi beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengembangkan skill desain grafis kamu tanpa harus kuliah. Teruslah berlatih, dan jangan lupa untuk tetap kreatif membuat karya-karya yang keren.

Editor: Feby Ferdian

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan