Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Thursday, October 24, 2019
redaksi@topcareer.id
Komunitas

Potensi Besar, Rudiantara Dorong Anak Muda Buat Gim

Views

Topcareer.id – Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mendorong anak muda untuk membuat gim. Pasalnya industri gim dan esports di Indonesia memiliki potensi besar.

“Pemerintah mendukung industri esport. Kami ingin nanti ke depannya muda-mudi membuat game, bukan hanya memainkannya,” kata Menteri Rudiantara saat memberikan sambutan dalam Konferensi IDBYTE Esport 2019 di Nusantara Hall, ICE BSD City, Tangerang, Jumat (13/9/2019).

Menurut Menteri Kominfo, industri gim dan esports merupakan industri yang peluangnya besar. “Saya kira ini peluang yang bagus, apalagi sekarang tim sponsor sudah banyak di Indonesia. Saat ini Indonesia mampu bergabung dengan developer game asal Paris Gameloft. Gameloft Indonesia berkantor di Yogyakarta,” ungkapnya.

Menteri Kominfo Rudiantara menuturkan saat ini Indonesia belum memaksimalkan potensi esports yang dimiliki. Hal itu terlihat dari masih kecilnya populasi pemain esports dibanding dengan populasi penduduk keseluruhan.

Baca juga : Congrats! Industri Game Indonesia Go International Ke Eropa

“Indonesia memiliki populasi 200 juta lebih penduduk. 40 persen populasi di Asia. Tetapi populasi pemain gim hanya 20 persen,” ujar Rudiantara.

Menurutnya industri esports juga menjadi kesempatan bagus bagi kaum muda. Apalagi, pemain gim (gamers) sudah menjadi profesi yang tengah bertumbuh kembang.

Dalam kesempatan itu, Menteri Kominfo menegaskan lagi komitmen pemerintah untuk mendukung pengembangan ekosistem gim dan esports Indonesia. Menteri Rudiantara memaparkan tentang jaringan internet cepat yang menghubungkan seluruh Indonesia melalui Palapa Ring.

“Pemerintah ingin berubah dari regulator menjadi fasilitator. Kami juga ingin mengadakan acara esport tidak hanya di Jakarta, tapi di banyak wilayah,” kata Rudiantara.

the authorRetno Wulandari

Leave a Reply