Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, March 19, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

BKPM Raih Opini WTP 5 Tahun Berturut-turut

Topcareer.id Berdasar hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) raih penghargaan Opini Wajar tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) tahun 2018. Bahkan, hasil audit BPK menunjukkan BKPM mampu raih Opini WTP 5 tahun berturut-turut.

Kepala BKPM Thomas Lembong menyampaikan, atas raihan itu menunjukkan upaya BKPM untuk terus menyelenggarakan pengelolaan anggaran yang lebih baik setiap tahunnya. Tentunya BKPM tidak berhenti sampai di sini, masih banyak perbaikan yang perlu dilakukan.

“Tahun ini untuk keduabelas kalinya BKPM menerima Opini Wajar Tanpa Pengecualian atas audit laporan keuangan. Dan tadi saya menerima plakat penghargaan bagi Kementerian/Lembaga peraih Opini WTP lima tahun berturut-turut,” jelasnya dalam keterangan resmi yang diterima oleh TopCareer.id, Kamis (13/9/2019).

Ke depan, lanjut Lembong, BKPM akan terus melakukan perbaikan agar penggunaan anggaran lebih efisien dan tepat guna, karena berasal dari rakyat sehingga pemerintah harus dapat mempertanggungjawabkan semuanya.

Sementara itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengapresiasi Kementerian/Lembaga yang berhasil mendapatkan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk audit laporan keuangan. Namun, ia menekankan agar tidak mudah puas dan berhenti untuk mendapatkan WTP.

Ia juga mendorong Kementerian/Lembaga untuk menggunakan pelaporan informasi keuangan untuk memperbaiki kualitas perencaanaan penggangaraan dan penggunaan anggaran itu sendiri.

“Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perbendaharaan perlu mengoptimalkan pengelolaan keuangan negara termasuk menggunakan informasi keuangan tersebut,” terang Sri Mulyani.

“Karena opini WTP bukanlah tujuan akhir, tetapi bagaimana pengelolaan keuangan dan pertanggungjawaban yang baik tersebut digunakan sebagai informasi sebagai masukan atau feedback bagi perencanaan penganggaran,” jelas dia.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung Menteri Keuangan Sri Mulyani kepada Kepala BKPM Thomas Lembong di Gedung Dhanapala, Jakarta (Kamis, 12/09).*

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply