Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Friday, October 18, 2019
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Ini yang Terjadi Pada Tubuhmu Bila Kamu Telat Makan

Views

Topcareer.id – Jadwal yang padat serta pekerjaan yang menumpuk sering kali bikin kamu melewatkan waktu makan . Melewatkan waktu makan di kantor karena terlalu asyik dengan pekerjaan jika dilakukan secara terus menerus akan berdampak negatif bagi kesehatan kamu.

Di sini, para ahli menjelaskan apa yang terjadi pada tubuh kamu saat kamu melewatkan waktu makan akibat sibuk bekerja.

Kamu akan merasa lelah dan lamban
Melewatkan makan dan tidak mengonsumsi makanan yang cukup di siang hari dapat membuat kepala kamu berputar, pusing, dan lemas “Ini disebabkan oleh penurunan glukosa darah,” kata Frances Largeman-Roth, RDN, pakar nutrisi dan kesehatan dan penulis Eating in Color. “Ketika tubuh tidak memberi makan otak kita, ini dapat memberi sinyal kepada tubuh bahwa sudah waktunya untuk istirahat.”

Kamu akan makan berlebihan saat makan berikutnya
“Ketika orang melewatkan waktu makan, mereka merasa seperti berhutang sesuatu di kemudian hari sehingga mereka cenderung makan berlebihan di makan berikutnya,” jelas Bonnie Taub-Dix, RDN, pencipta BetterThanDieting.com, dan penulis Read It Before You. “Tetapi jika kamu makan, tubuh kamu dapat menggunakan nutrisi itu dengan lebih efisien,” tambahnya dilansir dari Prevention.

Mood kamu akan jelek
Gula darah yang turun akibat telat makan dapat memengaruhi mood kamu. “Glukosa adalah bahan bakar nomor satu untuk otak kita sehingga ketika kita tidak memilikinya, itu dapat menempatkan kita dalam suasana hati yang sangat buruk,” kata Largeman-Roth. Itu sebabnya jika kamu melewatkan makan dan akhirnya merasa lapar, jangan langsung mengambil cemilan kecuali jika itu sehat. Ketika orang memiliki gula darah yang sangat rendah, mereka cenderung mencari makanan yang sangat berlemak atau bergula karena tubuh mereka mulai menginginkannya.

Berat badan tidak terkontrol
Jika kamu berpikir melewatkan makan adalah cara cerdas untuk menurunan berat badan, pikirkan lagi. Karena bila waktu makan kamu tidak teratur, maka tubuh juga tidak akan membakar kalori secara efisien. Hormon lapar kamu juga bisa terpukul jika kamu telat makan. Tubuh akan menghasilkan lebih sedikit leptin — hormon kelaparan yang mengurangi nafsu makan — membuat kamu lebih sulit untuk membedakan ketika kamu sudah kenyang.

the authorRetno Wulandari

Leave a Reply