Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Thursday, October 24, 2019
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Kamu Pekerja Shift? Ini 10 Tips agar Kamu Sehat dan Bugar

Views

Topcareer.id Pekerja shift punya risiko kesehatan lebih tinggi ketimbang pekerja yang jadwal kerjanya rutin 8 jam sehari dari pagi hingga lewat petang. Pekerja shift punya daur tidur yang berbeda-beda, tergantung jadwal giliran shift yang ia dapat. Selain itu, asupan makanan pekerja shift juga ikut tak beraturan seiring jadwal kerjanya.

Tidak sedikit karyawan yang kerja shift melupakan atau bahkan mengabaikan pola makan sehat di kantor. Banyaknya tugas yang harus diselesaikan atau padatnya jadwal kerja di lapangan membuat susah menentukan makanan apa yang baik untuk dikonsumsi.

Pekerja shift memiliki risiko tinggi seperti terserang penyakit jantung dan kenaikkan berat badan.

Seperti dilansir dari National Sleep Foundation ada 10 tips yang dapat membantu kamu memilih jenis makanan yang sehat untuk kamu konsumsi. Apa saja?

1.Sediakan makanan sehat di rumah dan di tempat kerja. Jika kamu mengantuk selama bekerja berarti asupan makanan kamu kurang sehat atau kurang baik. Jadi ganti pola makan kamu dengan yang lebih bergizi seperti memakan sayuran mentah (wortel dan irisan apel) tambahkan macam-macam buah-buahan juga seperti (pisang dan jeruk) atau konsumsilah beberapa almond atau kismis untuk camilan sewaktu kerja.

Kalau kamu menyukai karbohidrat kamu bisa memilih mengkonsumsi beras merah yang rendah lemak dan kalori.

2.Siapkan makanan untuk dibawa ke kantor. Kalau kamu bekerja secara shift dan tak sempat pulang dalam waktu yang cepat kamu bisa memasak makanan dan menyimpannya di tempat penyimpanan biar tahan lama.

3.Bawalah bekal makanan dari rumah. Makanan yang kita kemas sendiri jauh lebih sehat dan higienis daripada makanan yang kita beli di restoran atau rumah makan. Kamu pun bisa menentukan sendiri jenis makanan apa yang ingin kamu makan pada hari itu.

4. Makanlah dalam porsi kecil tapi sering. Jangan makan dalam porsi besar dan berat. Karena jika kamu berlebihan porsi makan kamu mudah mengantuk dan kelelahan.

5. Cobalah untuk makan dengan waktu yang sama setiap hari. Ketika kamu sudah terbiasa sarapan maka lakukan. Namun jika kamu tak terbiasa makan larut malam ya jangan kamu lakukan.

6. Duduklah kalau mau makan. Itu membantu proses makanan di dalam perut kamu.

7. Kurangi konsumsi kafein. Kalau terlalu banyak mengkonsumsi kafein sewaktu bekerja bakal membuat tubuhmu tidak beristirahat. Dan pastinya kamu akan merasa sangat kelelahan.

8. Banyak minum air putih. Itu sangat membantu pencernaanmu. Juga baik untuk tubuh serta menghemat biaya. Kamu bisa juga menamabahkan sedikit irisan buah-buahan dan masukkan ke dalam botol minuman kamu. Fungsinya bisa juga untuk detoksifikasi racun pada tubuh.

9. Berolahraga secukupnya. Sudah banyak sekali ulasan dan tips serta manfaat dari berolahraga yang telah kita bahas sebelumnya jadi kamu harus mencintai olahraga.

10. Istirahat cukup. Tubuh membutuhkan waktu istirahat kurang lebih 8 jam sehari. Dengan istirahat yang cukup juga membantu kamu segar kembali di keesokan hari. Kamu jadi siap memulai aktivitas yang baru.

Oke, demikianlah tips yang bisa kamu para pekerja shift terapkan. Ingatlah untuk makan makanan yang sehat.*

Penulis: Melisa Fitri
Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply