Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Selasa, Juli 27, 2021
redaksi@topcareer.id
Tren

Palapa Ring Siap Menunjang Esport Tanah Air

Topcareer.id – Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara memastikan Proyek Palapa Ring Timur telah selesai 100% dan sudah bisa digunakan untuk kepentingan publik. Salah satunya untuk mendukung pengembangan olahraga melalui media elektronik (esports) di Indonesia.

Menurut Rudiantara, proyek Palapa Ring mampu meningkatkan sejumlah sektor potensial di wilayah Timur Indonesia. Salah satunya yakni industri game, yang peminatnya semakin banyak di Tanah Air.

“Kita sudah menyelesaikan Palapa Ring bulan lalu. Semua orang kini bisa main di mana pun di seluruh Indonesia,” tuturnya dalam acara IDBYTE Esport 2019, di ICE BSD, Tangerang, Jumat (13/9/2019).

Rudiantara juga memastikan pihaknya sudah menguji coba jaringan internet cepat Palapa Ring Timur melalui uji coba panggilan video dari Nunukan, Kalimantan Utara ke Asmat, Papua.

“Pemerintah kini berpindah peran dari regulator ke fasilitator. Kami juga ingin mengadakan acara esport tidak hanya di Jakarta, tapi di banyak wilayah,” kata Rudiantara.

Seperti dilansir dari Kominfo.go.id, Senin (16/9/2019), pemerintah membagi infrastruktur Palapa Ring di Indonesia menjadi 3 paket yaitu Barat, Tengah, dan Timur berdasarkan letak geografis.

Palapa Ring Barat, yang sudah selesai sejak Maret 2018, menjangkau Riau, Kepulauan Riau hingga Pulau Natuna sepanjang 1.730 kilometer di laut dan 545 kilometer di darat.

Palapa Ring Tengah meliputi Kalimantan, Sulawesi dan Maluku Utara. Sedangkan Palapa Ring Timur menjangkau wilayah Nusa Tenggara, Maluku, Papua Barat dan pedalaman Papua.

Editor: Feby Ferdian

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan