Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Saturday, November 23, 2019
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Cara Menjawab “Apa Kelebihan Anda?” Saat Interview

Topcareer.id “Apakah kelebihan kamu?” Mungkin ini pertanyaan yang selalu keluar dan terasa mudah dijawab saat interview kerja. Namun, buat sebagian orang pertanyaan ini sangat rumit dan membingungkan sehingga mereka gagal menjawabnya.

Yang ingin pewawancara tahu dengan mengajukan pertanyaan ini adalah untuk mengidentifikasi apakah kelebihan/kekuatan kamu cocok dengan kebutuhan dan tanggung jawab pekerjaan di perusahaan. Pihak perusahaan ingin mengetahui apakah kamu cocok dengan posisi yang lamar.

Jadi jangan anggap remeh. Jawaban kamu atas pertanyaan itu akan menjadi penentu diterima atau tidak di sebuah perusahaan.

Seperti dilansir dari Thebalancecareers.com, Selasa (17/9/2019), cara terbaik untuk menjawab “Apa kelebihan Kamu?” adalah dengan menggambarkan keterampilan atau pengalaman yang kamu miliki, tentu yangrelevan dengan posisi yang kamu lamar.

Untuk memberikan jawaban yang tepat sabaiknya kamu memahami lebih detail posisi yang kamu lamar. Kemudian buatlah daftar keterampilan yang berhubungan dengan posisi yang kamu inginkan mencakup pendidikan atau pelatihan soft skill, hard skill dan pengalaman kerja.

Setelah itu, persempit daftar keterampilan kamu menjadi 3 atau 5 keterampilan yang menurut kamu paling baik. Di sebelah keterampilan, catat contoh bagaimana kamu telah menerapkan kekuatan/kelebihan yang miliki dalam pekerjaan kamu sebelumnya.

Kamu juga harus meyakinkan dengan menggunakan kata-kata untuk membuat kesan yang baik. Semakin dekat keahlian kamu dengan kualifikasi pekerjaan yang dibutuhkan, maka semakin besar peluang kamu untuk diterima bekerja.*

Editor: Ade Irwansyah

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply