Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Monday, November 18, 2019
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Wawancara Ditanya Minta Gaji Berapa? Begini Cara Jawabnya

Topcareer.id Seberapapun hebatnya wawancara kerja kamu berlangsung, momen paling menentukan adalah saat HRD dari perusahaan yang kamu lamar bertanya tentang gaji. Pertanyaannya sangat mudah namun jawabannya tidak mudah.

Menyebut angka terlalu besar, nanti kamu ditolak kerja. Menyebut angka yang kecil, kamu justru bakal merasa rugi di kemudian hari.

Mengapa pewawancara mempertanyakan berapa harapan gaji kamu. Karena perusahaan ingin mengetahui apakah mereka sanggup membayarmu atau mereka sekedar ingin mengetahui, apa kamu bisa menghargai dirimu sesuai pekerjaan yang kamu lamar.

Jika kamu menginginkan gaji tinggi, bisa jadi kamu akan berada di luar kisaran gaji perusahaan. Tetapi jika terlalu rendah bisa jadi kamu mendapat pekerjaan dengan mudah, namun kompensasi yang rendah akan membuatmu berjalan keluar ruang wawancara dengan kecewa.

Baca Juga: Interview Kerja, Apa Jawaban Terbaik Saat Ditanya `Apa Kelemahan Kamu?

Isian formulir, entah cetak ataupun elektronik yang wajib kamu isi dari perusahaan salah satunya memuat pertanyaan mengenai gaji yang diharapkan. Kalau kamu merasa tidak enak dan melewatkan pertanyaan tersebut bisa dianggap kamu tidak mengikuti aturan. Pada aplikasi online pun jika kamu tidak mengisi angka gaji maka kamu tidak akan bisa lanjut ke halaman berikutnya.

Dikutip dari Thebalancecareers.com, Selasa (17/09/2019) kamu bisa menjawab angka gaji yang diharapkan berdasarkan penelitian yang sudah kamu lakukan mengenai kisaran gaji posisi yang kamu lamar. Kamu juga bisa tambahkan frasa “dapat dinegosiasikan (negotiable)” untuk menunjukkan fleksibilitasmu.

Bagaimana jika itu pertanyaan langsung saat wawancara? Kamu bisa siapkan tanggapan sebelum wawancara seperti mencari tahu berapa kisaran gaji dari orang yang bekerja pada posisi yang kamu lamar. Kuasai pengetahuan wilayah geografis dan transportasinya. Ini bisa membantu kamu untuk menjawabnya.

Gunakanlah banyak situs web informasi gaji yang update sebagai pedoman. Lihatlah dari berbagai sumber untuk memperluas wawasanmu. Dari sini kamu bisa menemukan kisaran gaji yang sesuai.*

Editor: Ade Irwansyah

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply