Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, July 6, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Agar Gaji Kamu Tak Seperti Judul Film `Gone in 60 Seconds`

Tentukan biaya hidup

Langkah selanjutnya adalah menentukan berapa banyak uang yang harus disisihkan untuk kebutuhan (makanan, pakaian, bensin, biaya transportasi umum, dan sebagainya).

Daripada memperkirakan jumlahnya, simpan tanda terima dari semua yang kamu beli selama sebulan penuh. Kemudian setelah bulan berakhir, lihat apa yang kamu beli dan pisahkan barang yang kamu butuhkan dari barang yang kamu inginkan.

Tambahkan jumlah barang-barang yang perlu dibeli, dan kurangi total dari apa yang tersisa setiap bulan. Jika ada uang yang tersisa, sudah waktunya untuk mencari tahu apa yang harus dilakukan dengan itu.

Putuskan apa yang harus dilakukan dengan uang sisa

Jadi apa yang harus dilakukan dengan uang tambahan? Menempatkannya di rekening tabungan selalu merupakan ide yang baik, karena akan menghasilkan bunga dari waktu ke waktu. Jangan menganggapnya sebagai “pendapatan yang dapat dibuang”.

Jika kamu terbiasa membelanjakannya untuk pembelian yang sembrono, kamu tidak hanya akan kehilangannya dengan cepat, tetapi juga mengembangkan kebiasaan belanja yang buruk.

Dok. All4Women

Jika tidak ada uang yang tersisa

Dan jika tidak ada uang yang tersisa? Nah, mungkin ini saatnya mengubah gaya hidupmu. Di sisi pendapatan kamu mungkin mempertimbangkan untuk mengubah karier atau mencari pekerjaan kedua. Tetapi jika kamu tidak punya waktu atau tenaga untuk itu, maka sudah saatnya untuk melihat dengan cermat apa yang kamu belanjakan.

Jangan pernah membeli karena alasan “suka”

Jika kamu melihat sesuatu yang harus kamu miliki, luangkan waktu untuk memikirkannya. Meskipun mudah terjebak dalam kegembiraan, itu bisa menyebabkan penyesalan setelah membeli.

Ketika mulai lapar mata lihat baju-baju menggoda, catat harga dan gayanya, lalu pulang untuk memikirkannya lagi. Atau lihat apakah kamu bisa menemukan produk serupa di toko online yang lebih murah.*

Konsisten

Anggaran seperti itu hanya berfungsi jika kamu tetap mengelolanya. Seiring berlalunya waktu, jangan tiba-tiba khilaf dengan melakukan pembelian yang tidak disarankan. Membiasakan taat pada anggaran yang dibuat itu butuh waktu yag lama.*

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply