Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Thursday, October 24, 2019
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Makanan yang Bisa Lawan Lelahnya Bekerja

Views

Topcareer.id Jamaknya, bekerja berarti mengeluarkn energi dari tubuh. Karena itu tubuh kerap merasa lelah seusai bekerja. Dan cara terbaik mendapatkan kembali energi yakni dari makanan, serta memastikan kalau kamu memilih makanan terbaik.

Selain apa yang kamu makan, kapan waktu kamu makan juga bisa memengaruhi energi. Berikut makanan yang bisa melawan lelah dilansir dari Healthline.

1. Pisang

Para peneliti membandingkan pisang dengan minuman olahraga karbohidrat pada pengendara sepeda yang membutuhkan energi berkelanjutan untuk perjalanan panjang mereka. Mereka menemukan bahwa pisang menawarkan bahan bakar yang sama banyaknya kepada pengendara seperti minuman.

Ternyata, pisang dikemas dengan kalium, serat, vitamin, dan jumlah karbohidrat yang sempurna sehingga memberi dorongan energi yang besar.

2. Buah dan sayuran musiman segar

Semakin segar makananmu, semakin banyak nutrisi yang terkandung di dalamnya. Tidak seperti makanan olahan yang mungkin kehilangan nutrisi untuk umur simpan yang lebih lama, makanan segar biasanya mengandung nutrisi yang lebih tinggi.

3. Minuman tanpa kafein

Kafein yang tidak berlebihan telah terbukti memiliki beberapa manfaat kesehatan. Meski memberi dorongan jangka pendek, namun kafein tidak benar-benar memberi energi pada tubuh. Nikmat pertama mungkin membuatmu tersentak, tetapi jika kamu tidak memberi tubuh nutrisi yang baik, makanan dan camilan seimbang, kamu akhirnya akan merasa lelah.

Jika harus memperbaikinya, pilihlah kopi hitam atau teh tanpa gula. Soda dan minuman berenergi mengandung gula rafinasi dan bahan-bahan buatan yang dapat menyebabkanmu lelah, serta masalah kesehatan lainnya.

4. Protein tanpa lemak

Daging merah menambah lemak jenuh dalam diet. Daging tanpa lemak, seperti ayam, kalkun, dan ikan, masih memberikan protein berkualitas, tetapi mengandung lebih sedikit lemak jenuh. Ikan yang kaya akan asam lemak omega-3, seperti salmon dan tuna, dapat menambah lemak bermanfaat yang menyehatkan jantung.

5. Biji-bijian utuh dan karbohidrat kompleks

Sama seperti makanan olahan, karbohidrat olahan seperti gula dan tepung putih menambah sedikit nutrisi. Memilih makanan gandum dan karbohidrat kompleks memastikan bahwa tubuhmu mendapatkan manfaat penuh dari lambung gandum yang menambahkan serat ke dalam diet.*

Editor: Ade Irwansyah

hildailhamil@gmail.com'

Leave a Reply