Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Friday, October 18, 2019
redaksi@topcareer.id
Profesional

Tertarik Bisnis Klinik Kecantikan, Haruskah Beli Peralatan Canggih?

Views

Topcareer.id Klinik kecantikan identik dengan perawatan wajah yang didukung peralatan canggih. Kelengkapan peralatan di klinik kecantikan harus menunjang pelayan atau treatment yang diberikan. Tapi, peralatan apa saja yang menjadi standar klinik kecantikan pada umumnya?

“Standar peralatan klinik kecantikan itu sebenarnya tergantung dari klinik kecantikan itu sendiri segmennya ke mana dan tujuannya untuk apa,” jawab dr. Kartini sebagai Kepala Dokter di Crystal Clinic kepada TopCareer.id, Selasa (17/9/2019).

Jadi, lanjutnya, kalau sebuah klinik ingin memiliki treatment yang lengkap, maka otomatis akan punya variasi peralatan penunjang. Apalagi, perawatan wajah beragam jenisnya. Untuk alat laser saja kegunaannya akan berbeda-beda. Ada yang befungsi untuk mengencangkan kulit wajah, menghilangkan bekas jerawat, dan sebagainya.

Tapi, kalau klinik tersebut menyasar target yang standar, maka peralatan penunjangnya pun tak akan banyak. Sebagai modal awal klinik kecantikan biasanya dibekali pelengkapan terkait treatment facial yang paling umum.

“Mungkin orang tahunya kan kalau klinik kecantikan itu facial ya. Jadi paling dasar itu facial sama krim. Tapi kalau mau tahap selanjutnya, ya mesti invest alat,” ucap dr. Kartini yang sudah belasan tahun berpengalaman sebagai dokter kecantikan.

Ketika ditanya soal harga peralatan standar di klinik kecantikan, dr. Kartini menjawab bahwa kembali lagi mau memberikan treatment apa ke segmen pasarnya.

Ia menyampaikan, harga peralatan kecantikan akan tergantung keluaran dari mana. Ada yang mungkin harganya murah, tapi ada yang mahal. Dr. Kartini menekankan jika peralatan sudah seharusnya dilihat dari segi kualitas, terlepas dari harganya.

“Kalau mungkin alat itu mahal, tapi tidak sesuai dengan kemauan kami ya tidak kami ambil. Tapi karena ada alat kualitas bagus, meski harga sedikit lebih mahal ya kami ambil, yang penting kualitas. Tidak terlepas juga bahwa barang itu dipengaruhi harga.”

Melengkapi peralatan untuk menunjang bisnis klinik kecantikan tak serta merta dilakukan di modal awal. Hal itu bisa dilakukan perlahan dan bertahap seiring bertumbuhnya pasar klinik tersebut.*

Editor: Ade Irwansyah

hildailhamil@gmail.com'

Leave a Reply