Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Monday, November 18, 2019
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Waspada, Ini Daftar Pekerjaan Berisiko Terkena Kanker (Bagian 1)

Topcareer.id – Kanker penyakit mematikan yang bisa menyerang siapa saja dan kapan saja. Secara umum, kanker disebabkan banyak hal seperti paparan zat kimia dan radiasi secara berlebihan, mengidap virus, kebiasaan merokok hingga obesitas.

Tapi tahukan kamu beberapa pekerjaan berisiko lebih tinggi menyebabkan kanker. Yuk, kita bahas pekerjaan apa saja yang beresiko tinggi menyebabkan kanker.

Bagian pertama dari dua tulisan.

Pekerja pabrik dengan bahan baku karet
Orang yang bekerja di pabrik untuk membuat ban mobil, sarung tangan karet, karet gelang, dan produk lainnya yang terbuat dari karet rentan terkena risiko kesehatan yang serius. Karena karet dibuat dengan berbagai bahan kimia, dan proses tersebut membuat pekerja terkena uap, debu, dan produk bahan kimia lainnya yang menyebabkan masalah kesehatan, seperti kanker kandung kemih, kanker lambung, dan kanker paru-paru.

Pekerjaan di pertanian
Perempuan yang bekerja di pertanian memiliki risiko 35% lebih tinggi terkena kanker payudara dan kanker paru-paru. Hal ini di dukung penelitian yang dilakukan oleh Time, yang menyimpulkan pertanian berada di lima pekerjaan teratas yang dapat menimbulkan risiko kanker di Australia. Hal ini dikarenakan orang yang bekerja di ladang pertanian terlalu sering menghirup knalpot mesin, pestisida, pupuk, dan unsur-unsur lain yang dianggap bisa menimbulkan penyakit limfoma, leukemia, dan beberapa kanker lainnya.

Penata rambut dan tukang cukur
Menurut National Cancer Institute orang yang bekerja menjadi penata rambut sering terpapar bahan kimia yang terdapat pada pewarna rambut. Dan hal ini dapat menjadi pemicu timbulnya kanker kandung kemih, laring, dan paru-paru.

Mekanik
Mekanik mobil sering bekerja dengan asbes, bahan bakar minyak bumi, dan hal-hal ini membuatnya rentan terhadap kanker yang menyerang mesothelium, jaringan yang melapisi berbagai organ tubuh. Itu sebabnya mekanik umumnya harus memiliki asuransi Keselamatan dan Kesehatan Kerja.

Pekerja konstruksi
Pekerja konstruksi menghadapi banyak bahaya dalam pekerjaan mereka, termasuk risiko kanker. Ini dikarenakan paparan asbestos yang banyak digunakan sebagai bahan konstruksi bangunan, seperti atap, karena sifatnya yang tahan panas dan tahan api.

Pekerja di industri salon kuku
Banyak laporan yang mengatakan para pekerja di industri salon kuku saat ini sering terkena sejumlah penyakit termasuk keguguran, masalah pernapasan, masalah kulit, dan kanker. Hal ini disebabkan bahan kimia yang terdapat pada pembersih kuku, pewarna kuku dan bubuk yang digunakan untuk bahan kuku palsu.

Pekerja di industri plastik
Menurut American Cancer Society, pekerja di industri plastik lebih berisiko terkena kanker hati, ginjal, dan laring. Hal ini karena pekerja terlalu sering terpapar zat-zat, seperti debu kayu, kadmium, dan berbagai asap beracun lainnya. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply