Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Friday, November 15, 2019
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Tips Berhemat untuk yang Sering Kehabisan Uang

Topcareer.id – Mempertahankan uang terkadang sama sulitnya dengan mendapatkannya. Itu mengapa banyak orang yang kehabisan uang meski belum lama menerima gaji.

Untuk menghindari hal itu, membuat anggaran adalah pilihan yang tepat. Baik itu anggaran harian, mingguan, atau bahkan bulanan,

Selain menjadi upaya untuk lebih bertanggung jawab dengan uang, hal ini juga merupakan langkah pertama menuju kesuksesan finansialmu.

Dilansir dari greatperformersacademy.com, Selasa (24/09/2019), berikut beberapa tips untuk menguasai seni penganggaran dengan baik.

Beri nama unik pada sistem anggaran yang kamu buat
Sebutan anggaran terkadang membuat kita menjadi tidak antusias dalam menjalankannya. Coba beri nama atau sebutan lain yang lebih menarik. Ini akan membuatmu tertarik pada penganggaran dan meningkatkan peluang untuk berhasil.

Kenali pola pengeluaranmu selama satu bulan
Coba cari tahu kegiatan apa yang paling banyak menghabiskan uangmu. Luangkan waktu untuk menuliskan semua pengeluaranmu selama satu bulan. Pilah menjadi beberapa elemen seperti makanan, rekreasi, hiburan, langganan, makanan ringan, pakaian, utilitas, pendidikan, sampai hadiah. Dari sini kamu bisa atur dan tetapkan jumlah uang untuk setiap elemen.

Buat anggaran sebelum gajian
Untuk menguasai seni penganggaran, kamu harus membuat anggaran sebelum gajian. Dengan melakukan ini, kamu akan tahu bagaimana seharusnya mengelola uangmu sepanjang bulan. Perlu diingat bahwa semua bulan akan memiliki kebutuhannya sendiri. Jadi, jangan menyalin anggaran bulan lalu ke bulan sekarang.

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply