Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Thursday, November 21, 2019
redaksi@topcareer.id
ProfesionalTips Karier

8 Langkah Menjadi HRD yang Luar Biasa

Topcareer.id – Menjadi seorang HRD tidak cukup dengan kemampuan membaca karakter seseorang saja.

Mereka dituntut banyak hal. Mulai dari memastikan perusahaan memiliki semua SDM yang dibutuhkan; mengurus keperluan perusahaan dengan peraturan pemerintah; hingga menjaga hubungan antar karyawan.

Lalu, bagaimana caranya agar bisa menjadi HRD yang baik? Dikutip dari recruitloop.com, Selasa (24/09/2019) Ada beberapa tips yang bisa dicoba:

Fokus pada sumber daya yang sudah ada
Salah satu kesalahan HRD perusahaan adalah terus mencari dan menambah kandidat baru untuk mengisi posisi kosong di perusahaan. Lebih baik fokuslah mempromosikan sumber daya yang ada. Selain menghemat pengeluaran, ini akan membuat karyawan yang dipromosikan merasa lebih dihargai oleh perusahaan.

Lakukan pendekatan positif untuk komunikasi
HRD profesional harus bisa menjaga jalur komunikasi di dalam seluruh organisasi agar tetap berfungsi, terutama saat menghadapi perubahan. Jadwalkan waktu untuk berkomunikasi dengan mereka supaya tak terjadi kesalahpahaman yang akan berujung pada menurunnya produktivitas.

Sesekali temui dan sapa karyawan di tempat kerjanya
Banyak karyawan merasa takut saat ada panggilan untuk datang ke kantor HRD. Bisa jadi ini karena kurangnya sosialisasi antara HRD dengan para karyawan. Sisihkanlah waktu setiap harinya untuk menyapa para karyawan di tempat kerjanya. Hal ini bisa meningkatkan keakraban, sehingga mereka tidak akan merasa takut saat dipanggil ke ruang HRD.

Kolaborasi dengan semua departemen
HRD memiliki tanggung jawab memilih dan mendukung pekerja yang tepat untuk setiap departemen. Pelajari apa saja kebutuhan individu dari masing-masing departemen. Rangkul manajer di masing-masing divisi untuk mengembangkan ide dan praktik SDM yang sesuai.

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply