Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Saturday, November 23, 2019
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Yuk, Praktikkan `Work Smarter, Not Harder`

Topcareer.id – Istilah “Work Smarter, Not Harder” merujuk pada bagaimana kamu bisa mengatur pekerjaanmu dengan efisien. Bekerja keras tidak selalu tentang berapa banyak jam dihabiskan untuk melakukan berbagai pekerjaan. Namun lebih berkaitan dengan mendapatkan hasil maksimal dalam waktu sesingkat mungkin.

Bekerja lebih pintar sama dengan mendapatkan hasil terbaik dengan jumlah waktu dan energi terbuang paling sedikit, tetapi bukan berarti kamu tidak perlu bekerja keras untuk mencapai sesuatu. Melansir Thebalancecareers.com, Selasa (24/09/2019), berikut ini cara agar kamu bisa bekerja dengan cepat.

Buat jadwal pekerjaan
Prioritaskan pekerjaan berdasarkan jumlah yang harus dikerjakan dan dijadwalkan pada tanggal jatuh tempo. Berikan waktu yang cukup untuk tiap pekerjaan dan sesuaikan kemampuan diri, sehingga kamu bisa menyelesaikan pekerjaan dengan optimal dan tepat waktu. Merencanakan jadwal kerja dapat mengurangi jumlah waktu tidak produktif untuk melakukan pekerjaan lain yang hanya menambah lelah dan tidak ada pencapaian.

Rapikan meja dan ruang kerja
Penting memiliki ruang kerja bersih dengan semua tertata baik di meja kamu. Sehingga informasi dapat ditemukan dengan mudah. Mencari catatan penting melalui tumpukan kertas dan file yang tidak terorganisir bisa memakan waktu. Sisihkan waktu setiap hari untuk memeriksa bahwa kamu memiliki apa yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas-tugasmu. Dan pastikan semua informasi teratur serta mudah diakses.

Minimalkan gangguan
Saat bekerja, cobalah untuk meminimalisir gangguan. Seperti menurunkan volume dering ponsel dan menyimpannya jauh dari pandangan. Matikan juga kebisingan lain seperti televisi atau musik yang terlalu keras suaranya. Bekerjalah di area tenang yang memungkinkan untuk tetap fokus pada tugas.

Pekerjaan sibuk belum tentu merupakan pekerjaan efisien. Tugas yang membutuhkan waktu lebih lama untuk diselesaikan karena lelah atau terganggu, kekurangan bantuan, kurang pengetahuan, atau sumber daya, bahkan tidak terorganisir merupakan indikasi bahwa kamu sudah bekerja terlalu keras dan tidak cerdas.

Menjadi pekerja cerdas, efisien, dan produktif berarti memprioritaskan pekerjaanmu dan memberikan waktu yang cukup untuk melakukannya dengan benar. Buat daftar dan periksa item yang telah dicapai dapat membantumu bekerja lebih cerdas dan efektif. *

Editor: Ade Irwansyah

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply