Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Saturday, November 23, 2019
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Bertahan Terlalu Lama di Satu Perusahaan Berbahaya untuk Kariermu!

Topcareer.id – Kebiasaan ‘kutu loncat’ dalam berkarier memang membuat resume atau CV kerja kita jadi sedikit kurang bagus. Tapi jangan salah, bekerja di satu perusahaan dalam waktu yang terlalu lama juga bukan hal baik.

Penulis buku sekaligus kontributor CNBC Suzy Welch mengatakan, bekerja dalam waktu lama di satu tempat memang pernah menjadi hal ideal. Namun ekonomi sekarang berubah. Tidak ada yang mengharapkan pekerjaan pertamanya menjadi pekerjaan terakhir.

“Menurut pendapat saya, waktu yang wajar untuk permulaanmu bekerja adalah tiga hingga lima tahun,” kata Suzy yang juga co-founder Jack Welch Management Institute, seperti dikutip dari laman CNBC.

Ia menambahkan, semakin lama kamu tinggal di satu perusahaan, semakin banyak manajer perekrutan yang mempertanyakan kemampuan kamu untuk menyesuaikan diri dengan budaya yang berbeda, kecepatan yang berbeda, hingga cara yang berbeda dalam melakukan sesuatu.

Karena itu, Suzy menyarankan karyawan untuk mulai berpikir tentang langkah karier mereka berikutnya pada tahun ketiga di perusahaan.

“Itu akan memberimu cukup landasan untuk lepas landas sebelum resumemu mulai menaikkan bendera merah.”

Suzy memperingatkan, ada satu pengecualian untuk konsep tiga hingga lima tahun ini. Jika kamu memiliki passion dalam apa yang kamu lakukan saat ini, serta memahami cara untuk meraih puncak, maka tidak ada alasan untuk meninggalkan pekerjaanmu.

“Tetapi jika, seperti kebanyakan orang, kamu tahu bahwa kepergianmu hanya masalah waktu. Jangan tanya siapa yang membunyikan lonceng. Pada masa lima tahun, itu sudah waktunya bagimu.” ujarnya.

Editor: Feby Ferdian

hildailhamil@gmail.com'

Leave a Reply