Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Thursday, November 21, 2019
redaksi@topcareer.id
Profesional

Begini Cara untuk Tetap Bertahan Jadi Entrepreneur

Topcareer.id – Jika kamu baru mulai menjalankan sebuah usaha kemungkinan kamu akan merasa kesulitan untuk memperoleh hasil sesuai yang diharapkan. Belum lagi menyeimbangkan antara tanggung jawab menjalankan usaha dengan kehidupan pribadimu.

Menjadi entrepreneur tidaklah mudah, apalagi saat kehilangan motivasi. Kuncinya hanya jangan pernah menyerah dan cari cara untuk mengangkat diri pada hari-hari yang melelahkan sebagai seorang entrepreneur.

Melansir entrepreneur.com, Rabu (25/09/2019), ada beberapa cara untuk tetap termotivasi penuh dalam menjalani profesi sebagai entrepreneur.

Tetapkan tujuan pribadi
Kamu mungkin berwirausaha dengan tujuan spesifik. Tentu saja ada beberapa nilai inti yang kamu inginkan untuk dijalani. Masalahnya banyak entrepreneur memulai bisnis mereka sendiri tapi lupa untuk membuat tujuan pribadi mereka. Penting bagi kamu untuk menuliskan alasanmu untuk menjadi entrepreneur sejak awal. Karena sejatinya itulah motivasi utamamu.

Manfaatkan kisah nyata dari entrepreneur sukses
Banyak kisah-kisah inspiratif dari para entrepreneur besar yang sukses. Manfaatkan itu untuk menambah motivasi dalam menjalankan bisnis entrepreneur mu.

Rajin membaca dan ikut komunitas tentang entrepreneurship
Orang hobi membaca biasanya bisa lebih memfokuskan perhatian mereka serta mengatasi masalah dengan cara baru dan kreatif. Coba manfaatkan informasi dari komunitas entrepreneur untuk belajar dari mereka sambil mendiskusikan semua hal yang berkaitan dengan kewirausahaan dan bisnis.

Kelola rutinitas sehat
Stres tidak bisa dihindari, belajarlah mengatasinya. Sibuk berwirausaha sering membuat orang lupa merawat diri mereka secara fisik. Padahal kesehatan fisik dapat memiliki dampak positif pada kesehatan mental. Milikilah rutinitas sehat seperti istirahat cukup, bangun pagi dan berolahraga serta makan makanan sehat. Ini akan membuatmu tetap fokus, termotivasi, dan tetap sehat.

Set reminder
Kehilangan fokus dapat menyebabkan perilaku mudah tersinggung dan kehilangan motivasi. Set reminder untuk menyelesaikan tugas, mengirim email ke pemegang saham, menerbitkan konten blog atau media sosial. Dengan teratur seperti ini kamu akan tetap fokus dan termotivasi untuk menyelesaikan tugas-tugas lain.

Pikirkan orang yang kamu cintai
Bentuk motivasi terbaik bisa kamu dapatkan dari teman, keluarga, atau orang yang kamu cintai. Mereka akan selalu ada saat kamu merasa down, memberi selamat kepada kamu ketika mencapai apa yang kamu inginkan, dan terus mendorongmu saat kamu berada di titik terendah dalam usahamu.

Beri dirimu hadiah
Beri dirimu hadiah untuk pekerjaan yang sudah kamu lakukan dengan baik. Besar atau kecilnya kemenanganmu dalam berwirausaha merupakan tonggak menuju kesuksesan dari keseluruhan usahamu. Hadiah sebagai motivasi diri bisa berupa makan malam di restoran, membeli sendiri sesuatu yang selama ini selalu kamu inginkan, dan liburan bersama keluarga atau orang terkasih.

Kunci untuk tetap termotivasi sebagai entrepreneur paling utama mengingat mengapa kamu memulai semua ini. Pertahankan sifat positif dan gunakan beberapa tips di atas akan membantumu tetap fokus mencapai tujuan. Ingat, kunci kesuksesanmu ada di dalam dirimu sendiri. *

Editor: Ade Irwansyah

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply