Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Saturday, November 23, 2019
redaksi@topcareer.id
LifestyleSkills.id

Belajar Custom Painting Tak Sesulit yang Dibayangkan

Topcareer.id – Sekilas, melukis di atas kanvas atau media lain seperti sepatu dan tote bag terlihat sulit. Tapi ternyata praktiknya tak serumit yang dibayangkan. Bahkan untuk pemula sekalipun.

“Saya baru banget ini ngelukis di tote bag. enggak susah meski awal, cuma paling agak bingung di gradasi warna. Tapi kan ada mentornya yang ngajarin, sangat membantu,” ucap Jenita Octavia, salah seorang peserta workshop ‘Painting on Tote Bag oleh Ornare Industry’ dalam acara Art and Craft Expo 2019 di Food Centrum Sunter, Jakarta, Rabu ( 25/9/2019).

Jenita mencoba belajar melukis di media tote bag supaya kelak bisa menularkan ilmunya. Menurutnya, workshop Ornare Industry menyenangkan dan seru. Terlebih cara mengajar edukator yang membuatnya cepat paham.

Jenita memamerkan hasil karya dan sertifikat yang didapatnya di acara Art and Craft Expo 2019. Sumber foto: Topcareer.id/Hilda Ilhamil Arofah
Jenita memamerkan hasil karya dan sertifikat yang didapatnya di acara Art and Craft Expo 2019. Topcareer.id/Hilda Ilhamil Arofah

Tak sekedar belajar melukis

Co-Founder Ornare Industry, Shavierra Arvinda menyatakan workshopnya bukan hanya sekadar mengajar melukis saja, tapi lebih menekankan bagaimana hasil karya para peserta bisa layak untuk dijual, sekalipun masih pemula.

“Misalnya kalau yang sneaker itu buat beginner, kita pake stencil sticker. Lalu untuk (workshop melukis) yang di tote bag itu pakai karbon dulu, udah ada polanya. Jadi memudahkan meski belum pernah sama sekali melukis, tapi hasilnya lebih maksimal,” ujar Vierra.

Ia menambahkan, biasanya beginner akan menemukan kesulitan ketika proses pencampuran warna. Apalagi kalau belum pernah menyentuh peralatan lukis sebelumnya. Namun hal itu bisa diatasi seiring bertambahnya jam terbang para peserta.

Gambaran suasana workshop 'Painting on Tote Bag oleh Ornare Industry' di Art and Craft Expo 2019. Topcareer.id/Hilda Ilhamil Arofah
Gambaran suasana workshop ‘Painting on Tote Bag oleh Ornare Industry’ di Art and Craft Expo 2019. Topcareer.id/Hilda Ilhamil Arofah

Sejarah Ornare Industry

Vierra dan dua teman lainnya memulai bisnis ini sejak 2017 dan mulai terbuka untuk workshop pada 2018 lalu. Dalam waktu dekat, Ornare Industry bakal memberikan workshop dalam acara Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) di Solo dengan 100 peserta.

Untuk event Art and Craft Expo 2019 ini, Ornare Industry membuka booth selama 7 hari, mulai 23-29 September 2019 di Food Centrum Sunter, Jakarta.

Ornare Industry juga punya dua jadwal workshop , yakni “Painting on Tote Bag” pada 25 September dan “Painting on Pouch” pada 29 September 2019.

Editor: Feby Ferdian

hildailhamil@gmail.com'

Leave a Reply