Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Saturday, November 23, 2019
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Cara Jawab Pertanyaan `Apa yang Kamu Harapkan pada Jabatan Ini?` Saat Wawancara

Topcareer.id Setiap kali melamar pekerjaan baru saat sesi wawancara kerja kerap kali pertanyaan menjebak muncul. Salah satunya pertanyaan “Apa yang kamu harapkan pada posisi/jabatan baru ini?”

Jika sampai salah menjawab peluang kamu untuk diterima akan musnah. Tetapi juga kamu sebaiknya tidak menjawab bohong.

Diperlukan persiapan matang sebelum wawancara kerja untuk menghadapi pertanyaan menjebak seperti ini. Kamu harus bisa menjawabnya dengan jujur namun diplomatis untuk meyakinkan HRD yang mewawancaraimu.

Dikutip dari Themuse.com, Rabu (25/09/2019) berikut ini tips bagaimana menjawab pertanyaan tricky tersebut.

Sampaikan ketrampilanmu
Pertanyaan ini jelas tentang kamu, tetapi kamu harus memikirkannya dari sudut pandang manajer perekrutan. Tentunya kamu berharap menyukai posisi barumu untuk dapat gaji baik dan perjalanan karier mudah. Daripada menjawab seperti itu, coba kedepankan keterampilanmu dan bicarakan bagaimana kamu mencari tempat di mana kamu bisa menggunakan ketrampilanmu.

Jelaskan motivasimu
Kebanyakan manajer HRD berharap orang yang dipekerjakannya akan termotivasi oleh lebih dari sekedar gaji. Atasi masalah ini dengan terbuka. Jelaskan motivasimu dan bagaimana kamu bisa melihatnya bahwa kamu akan cocok di posisi pada perusahaan tersebut.

Hubungkan dengan tujuan jangka panjangmu
Keputusan perusahaan mempekerjakan orang berarti berinvestasi pada orang tersebut. Ada baiknya menyebutkan bagaimana kamu melihat prospek perkembangan kariermu dalam jangka panjang di perusahaan itu akan sesuai.

Jawab dengan fokus pada perkembangan perusahaan
Kemukakan bahwa di posisi ini kamu bisa memberi kontribusi lebih untuk bersama memajukan perusahaan. Sampaikan juga berada pada posisi di perusahaan ini kamu dapat tumbuh dan bekerja untuk menuju impianmu. Dan kamu sangat bersemangat tentang kesempatan ini.

Jawabanmu akan bervariasi tergantung pada posisi apa kamu ditempatkan. Tapi hal utama untuk diingat dengan pertanyaan ini tentu saja menjawab dengan jujur dan diplomatis, namun dengan tetap mempertimbangkan perspektif manajer HRD. *

Editor: Ade Irwansyah

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply