Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Saturday, November 23, 2019
redaksi@topcareer.id
Tren

Penjualan Merchandise, Ladang Tambahan Pendapatan Para Musisi

Topcareer.id – Penjualan merchandise oleh band-band atau musisi tanah air, menjadi salah satu solusi pendapatan tambahan di tengah lesunya penjualan album fisik.

Terkait hal ini, vokalis d’Masiv, Ryan pun angkat bicara. Ia mengamini pendapatan yang lumayan besar darI karaoke, YouTube dan penjualan merchandise.

“Seperti kemarin kita konser di London, kami berhasil menjual 100 pcs baju dengan total Rp 50 juta, lumayankan untuk 1 kali pertunjukan.” ujar Ryan d’Masiv saat ditemui Topcareer.id di acara peluncuran Billboard Indonesia Top 100, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (25/9/2019).

“Album fisik kini sudah beralih fungsi menjadi barang yang diminati oleh kolektor-kolektor tertentu, jadi aku suka beli piringan hitam untuk koleksi dan didengerin hanya waktu-waktu tertentu saja, kalau dengerin lagu sehari-hari ya dari streaming.” katanya.

Ryan menuturkan, label atau pemilik master biasanya mengadakan bundling dengan makanan siap saji maupun platform-platform tertentu untuk merilis album fisik. Selebihnya, mereka akan fokus dengan rilisan digital.

“Kalau udah ada orang ataupun platform yang mau kerjasama, baru dibuatkan album fisiknya, tapi kalau belum ada, biasanya rilis digital saja. karena itu akan lebih efektif” kata Ryan.

Editor: Feby Ferdian

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply