Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Thursday, November 21, 2019
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Bocoran Cara Agar Menonjol di Tempat Kerja dari Bos Facebook

Topcareer.id – Apakah kamu merasa sudah waktunya dapat promosi? Salah satu cara mendapat promosi adalah kamu harus tampak menonjol dibanding karyawan yang lain. Nah, Wakil Presiden desain produk di Facebook, Julie Zhuo tahu lebih dari satu atau dua hal tentang bagaimana menonjol di tempat kerja.

Setelah lulus dari Universitas Stanford, Zhuo menjadi pekerja magang di Facebook dan dengan cepat naik ke level atas, menjadi manajer di usia 25 tahun.

Sebagai eksekutif papan atas perusahaan di Silicon Valley yang sekarang memiliki lebih dari 10 tahun pengalaman dalam bidang teknologi, Zhuo menyarankan siapapun yang ingin diperhatikan dan dipromosikan di tempat kerja agar sangat transparan tentang cita-cita, tujuan dan harapan mereka dengan manajer mereka.

“Saran saya untuk bagaimana membuat manajer memperhatikanmu adalah coba lebih eksplisit tentang apa tujuanmu. Apa yang kamu pedulikan? Di mana kamu melihat diri sendiri dalam tiga tahun? Keterampilan apa yang ingin kamu pelajari dan kembangkan,” katanya kepada CNBC Make It.

Setelah kamu menjawab pertanyaan-pertanyaan itu, Zhuo mengatakan kamu harus meminta bimbingan atasan dalam membantu menemukan peluang yang tepat di tempat kerja.

“Beri tahu manajermu, ‘Hei, saya ingin dipromosikan. Menurutmu apa yang diperlukan untuk saya?’”

Minta atasan untuk memberitahu apa saja celah yang ada di dirimu. Lalu keterampilan apa yang dibutuhkan untuk menjadi lebih baik dan dapat menerima kenaikan gaji atau mampu melakukan di tingkat berikutnya.

Zhuo mengatakan cara terbaik untuk berpikir tentang maju adalah melihat karier dengan perspektif jangka panjang, dan kemudian menentukan langkah-langkah kecil yang perlu diambil untuk membuat kemajuan.

Pikirkan di mana kamu ingin berada dalam tiga tahun atau lima tahun. Lalu coba pikirkan. Jadi, jika ingin mendapatkan (suatu tempat) dalam tiga tahun, artinya kamu harus melihat rencana tahun depan seperti apa, atau enam bulan ke depan bagaimana.”

“Saya pikir ini harus menjadi dialog dengan manajer. Ini adalah sesuatu yang kamu bicarakan bersama, karena mungkin kamu ingin melakukan hal ini, tetapi manajer berpikir akan lebih realistis bagimu untuk mengerjakan keterampilan ini terlebih dahulu.”

Menemukan waktu untuk membahas tujuan jangka panjang di tempat kerja mungkin sulit, tetapi Zhuo mengatakan mengembangkan hubungan ini dengan bos sangat penting untuk kesuksesanmu di sebuah perusahaan. *

Editor: Ade Irwansyah

hildailhamil@gmail.com'

Leave a Reply