Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, May 30, 2024
redaksi@topcareer.id
Profesional

Dilantik Hari Ini, Ini Rincian Gaji dan Modal Jadi Anggota DPR dan DPD

Modal jadi anggota dewan

Namun, kamu perlu tahu juga berapa kira-kira modal yang harus kamu keluarkan untuk mencapai jabatan itu. Ingat, untuk jadi anggota DPR maupun DPD kamu harus kampanye, mencetak spanduk, membentuk tim sukses dan lain-lain. Beberapa lainnya pakai cara tak halal, melakukan money politics.

Prajna Research Indonesia pernah merilis riset, untuk menjadi anggota DPR dibutuhkan dana sekitar Rp 1-2 miliar di masa kampanye. Dikatakan pula, dana sejumlah itu sudah minimal. Artinya, bisa jadi pengeluaran sesungguhnya jauh lebih besar.

Bila sudah tahu begitu tinggal kalikan saja gaji selama 5 tahun jadi anggota DPR, lalu bandingkan dengan pengeluaran untuk modal kampanye. Hitungannya begini, dalam 5 tahun terdiri atas 60 bulan, maka seorang anggota DPR mendapat gaji 60 kali. Dikalikan dengan Rp 55 juta, maka selama menjabat mereka total mendapat penghasilan Rp 3,3 miliar.

Kalau pengeluaran kampanye hanya sekitar Rp 2 miliar, masih ada kelebihan Rp 1,3 miliar. Itu artinya, jadi anggota dewan memang menguntungkan dari segi finansial. *

Editor: Feby Ferdian

the authorAde Irwansyah

Leave a Reply