Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 19, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

7 Tips Karier Jadul yang Sebaiknya Tak Kamu Ikuti

Topcareer.id – “Ikuti passion-mu apapun yang terjadi.” Mungkin itu salah satu tips karier yang sering ditemukan di manapun. Eitss…jangan langsung ditiru, tips seperti itu sudah kedaluwarsa atau jadul. Sebenarnya saat ini kamu harus pandai-pandai memilah tips karier yang baru untuk mendapatkan pekerjaan impian.

Business Insider merangkum beberapa tips karier yang jadul dan memang seharusnya tidak lagi dipercaya atau digunakan.

1. “Apapun Itu ikuti passion-mu!”

Kamu berhenti dari pekerjaan, kemudian membuka toko cupcake karena kamu menyukai cupcake, kamu merasa itu adalah passion-mu. Tapi kemudian hal itu tak berjalan lancar–jadi kamu menyerah dan kembali ke ranjau kubikel.

Bukan seperti itu. Mengikuti passion bukan berarti mengubah hobi yang paing dicintai menjadi sebuah pekerjaan.  Sebaliknya, pikirkan mengapa kamu menikmati memanggang kue. Apakah karena kamu menikmati chemistry di balik memasaknya? Atau melayani orang lain?

Sebagaimana dikatakan oleh penulis biografi Steve Jobs, Walter Isaacson, poin pentingnya adalah tidak hanya mengikuti passion, tetapi sesuatu yang lebih besar dari dirimu sendiri.

Dengan kata lain, apakah dunia membutuhkan toko cupcake lagi? Atau bisakah passion-mu di bidang cupcake ini diungkapkan dengan cara yang lebih konstruktif yang dapat membantu orang lain?

2. “Anda harus meraih gelar MBA.”

Mungkin beberapa orang bersikeras mendapatkan gelar MBA atau magister bisnis agar sukses dalam berkarier. Pelatih karier dan kebugaran Joanna Echols mengatakan bahwa memang itu semua dimulai dengan asumsi bahwa orang lain tahu lebih baik apa yang tepat dan apa yang harus kamu lakukan.

“Klaim kembali kekuatan pribadimu dan pilih keputusanmu sendiri. Kemudian keputusan itu akan memandu prosesmu dalam berburu pekerjaan,” kata Echols kepada Business Insider.

Terlepas dari hal tersebut, bahkan jika kamu berpikir harus terjun ke bisnis, kamu mungkin tidak perlu pandai dalam hal tersebut.

3. “Yang perlu dilakukan adalah membuat resume lebih baik, maka kamu akan mendapatkan pekerjaan apapun.”

Ahli Pelatih Karier The Muse, Evangelia Leclaire mengatakan kamu dapat mendesain ulang, meningkatkan kata kunci, dan mengedit resume semaumu. Itu tidak akan membuat atau menghancurkan kariermu. “Itu hanya sebagian kecil aspek. Bukan sesuatu yang menggoda,” kata Leclaire.

Dia menambahkan, lihatlah gambaran besar dan lakukan pendekatan menyeluruh terhadap pencarian pekerjaanmu. Berusahalah untuk menemukan dan mengejar peluang yang sesuai denganmu. “Fokus pada pola pikir membangun hubungan, jaringan, LinkedIn, strategi pencarian pekerjaan, komunikasi, memaksimalkan waktu, dan banyak lagi.”

Leave a Reply