Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Saturday, November 23, 2019
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Berolahraga dengan Perut Kosong, Bolehkah?

Topcareer.id – Olahraga memang sangat penting untuk tubuh. Tetapi terkadang kita lupa untuk mengisi tubuh dengan makanan yang cukup sebelum memulai olahraga.

Maka kita melakukan olahraga dengan keadaan perut yang kosong. Masalahnya, apakah baik melakukan olahraga dengan perut kosong? Apakah bisa membakar banyak lemak dalam tubuh sementara perut kita sendiri dalam kondisi tak terisi? Atau justru berolahraga dengan perut kosong malah mengurangi metabolisme kita? Lalu apa yang diutarakan ahli gizi tentang hal itu?

Dikutip Cosmopolitan.com, Alexandra Cook, seorang sport dietitian atau ahli diet olahragawan, berujar, ”Mungkin ada beberapa manfaat berolahraga dengan perut kosong, tetapi itu sangat tergantung pada masing-masing individu dan juga tujuan mereka dalam berolahrga.”

Ada alasannya pula kenapa saat berpuasa, kita tetap disarankan untuk berolahraga. “Ketika kita tidur karbohidrat yang tersimpan (glikogen) secara alami akan habis. Jika kamu berolahraga setelah bangun di pagi hari tanpa makan, maka lemak dalam tubuh akan cepat terbakar dibanding dengan kamu sarapan terlebih dahulu,” jelas Alexandra.

Kendati boleh berolahraga dengan perut kosong, penting untuk mengikuti aturan agar badan tetap fit dan tak jatuh sakit.

Ia juga menyarankan jangan terlalu sering berolahraga dengan keadaan perut kosong. “Jika kamu melakukan olahraga dengan intensitas yang rendah maka berolahraga dengan keadaan perut kosong tidak apa-apa. Akan tetapi jika melakukan olahraga dengan intensitas tinggi maka kamu perlu mengisi perut kamu dengan karbohidrat yang cukup sebelum memulainya,” bebernya.

“Sangat penting untuk mengisi perut kita dengan karbohidrat yang tinggi, dan juga makanan yang berprotein tinggi, karena tubuh membutuhkan banyak nutrisi setelah berolahraga,” kata Alexandra. *

Penulis: Melisa Fitri.
Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply