Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Desember 4, 2021
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Lakukan Persiapan Ini Sebelum Cuti Melahirkan Usai

Topcareer.id – Setelah berminggu-minggu cuti hamil dan melahirkan, kembali bekerja bisa jadi satu dilema yang butuh persiapan matang dan sungguh menantang. Kalau tidak disiapkan matang, mungkin efeknya nanti bisa bikin stres karena aka nada abnyak perubahan yang butuh antisipasi.

Jika kamu sudah mendekati akhir cuti melahirkan, berikut beberapa tips untuk membantu mempersiapkanmu kembali ke dunia kerja seperti dalam laman The Balance Careers.

1. Berhubungan kembali dengan manajemen kantor

Jika sudah lama tak bersentuhan dengan pekerjaan atau kantor, coba bantu dirimu sendiri untuk mudah masuk dalam budaya kerja yang ada. Beralih secara tib-tiba dari hari-hari yang dipenuhi tangisan bayi ke rutinitas kantor bisa jadi hal membingungkan. Coba lakukan beberapa pekerjaan lanjutan sebelum hari pertama ke kantor untuk membuat transisi lebih lancar.

2. Email atau hubungi Human Resources Department (SDM)

Jika orang HRD belum menghubungimu, coba hubungi duluan. Orang-orang di HRD dapat menjawab pertanyaanmu, seputar tanggal terbaik untuk kembali ke kantor, lokasi ruang laktasi, dan detail lainnya yang perlu diketahui tentang dokumen dan kembali ke rutinitas kerja .

3. Jadwalkan tanggal kembali ke kantor

Bertujuan untuk kembali ke kantor pada akhir minggu. Tahan godaan untuk membuat hari pertamamu jatuh di hari Senin; seminggu penuh di kantor membuat transisi yang sulit.

Pilih Kamis atau Jumat akan memungkinkanmu memiliki akhir pekan untuk mengkalibrasi ulang dan memperbaiki potensi masalah dengan pengasuhan anak, penjadwalan, dan lain-lain.

4. Hubungi Bosmu

Jika HRD belum melakukannya, beri tahu manajer tanggal rencanamu kembali ke kantor. Ini bisa menjadi peluang bagus untuk membagikan perubahan jadwal apa pun yang mungkin terjadi akibat pengasuhan anak.

5. Jadwalkan pertemuan dengan orang kantor secara langsung

Makan siang santai atau ngobrol dengan manajer dan rekan kerja beberapa minggu sebelum kembali bekerja bisa membantu, lho. Pertemuan tatap muka memberimu kesempatan untuk mengejar gosip kerja, mencari tahu tentang proyek baru, dan mulai merasa terlibat kembali dengan pekerjaan.

Jika kamu tidak bisa bertemu dengan rekan-rekan sebelum itu, pastikan untuk menjadikan waktu tatap muka dengan mereka di kantor sebagai prioritas.

6. Bersiap untuk memompa di kantor

Apakah kamu akan memompa ASI di kantor? Pastikan kamu nyaman memompa sebelum kembali bekerja. Coba bicarakan kepada orang HRD dan rekan kerja untuk menentukan di mana kamu dapat memompa di tempat kerja. Kamu mungkin ingin memblokir waktu di jadwal harian untuk memompa juga, jadi kamu tidak harus terpaksa keluar dari rapat. *

Editor: Ade Irwansyah

Tinggalkan Balasan