Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Friday, November 15, 2019
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Siapkan Skills Ini Sebagai Bekal Melamar Pekerjaan

Topcareer.id – Memiliki keterampilan khusus di bidang pekerjaan yang kamu inginkan, sangat perlu. Misalnya bila ingin melamar jadi wartawan, minimal kamu punya kemampuan menulis yang baik. perusahaan juga mencari keterampilan umum dari calon karyawan. Ini disebut ‘keterampilan kerja’ atau ‘soft skill’. Jenis keterampilan ini bisa membuatmu lebih menonjol di antara kandidat lain.

Walapun kamu tidak memiliki pengalaman kerja apa pun, kamu akan tetap memiliki keterampilan kerja ini jika kamu pada dasarnya bisa diandalkan, supel, dan terbuka untuk belajar hal baru.

Persiapkan keterampilan ini ketika kamu bersiap untuk wawancara kerja. Melansir Youthcentral.vic.gov.au, Kamis (03/10/2019) ketrampilan kerja ini terpecah menjadi beberapa bagian.

Komunikasi
Bergantung pada jenis pekerjaan, komunikasi bisa menjelaskan perihal maksud dan apa yang ingin kamu raih. Ini termasuk kemampuanmu untuk mendengarkan dan memahami orang lain. Keterampilan komunikasi juga termasuk komunikasi non-verbal, seperti bahasa tubuh yang biasa kamu gunakan.

Team work
Kerja tim berarti kamu bisa bergaul dan beradaptasi dengan orang-orang yang bekerja bersamamu untuk mencapai tujuan bersama. Kamu bisa melatih skill ini dengan sering mengikuti komunitas atau bergabung dalam suatu organisasi.

Problem solving
Skill untuk menemukan solusi ketika kamu dihadapkan dengan kesulitan atau kemunduran. Ini melibatkan kemampuan untuk menggunakan proses logis dalam rangka mencari tahu sumber permasalahan. Skill ini bisa kamu latih dengan sering sharing dengan orang lain yang memiliki lebih banyak pengalaman tentang bagaimana mereka memecahkan masalah.

Inisiatif
Mencari hal-hal yang perlu dilakukan dan melakukannya tanpa diminta. Ini melibatkan pemikiran kreatif tentang cara melakukan sesuatu. Kamu bisa melatihnya dengan membiasakan diri mengerjakan sesuatu di sekitar lingkungan rumah tanpa diminta.

Perencanaan dan pengorganisasian
Mengetahui apa yang perlu kamu lakukan, dan bagaimana caramu melakukannya. Ini melibatkan hal-hal seperti mengembangkan jadwal proyek dan memenuhi deadline. Skill ini bisa dilatih dengan membantu mengorganisir acara komunitas atau mengorganisir acara kumpul keluarga.

Self management
Bisa melakukan pekerjaanmu tanpa seorangpun harus mengawasimu sepanjang waktu dan kamu tetap disiplin pada deadline mu. Kamu juga bisa mendelegasikan tugas kepada orang lain untuk memastikan semuanya selesai on time. Hal ini bisa dilatih dengan bekerja magang, atau berangkat dari hal sederhana seperti membiasakan diri untuk selalu menjaga kamarmu tetap rapi.

Teknologi
Setidaknya kamu dapat mengoperasikan komputer, mengggunakan spreadsheet, atau mengetahui cara menggunakan peralatan elektronik kantor seperti mesin fotokopi. Bisa menggunakan media sosial, bekerja dengan desain atau software video editing, lebih bagus lagi mengetahui bahasa pemrograman. Meningkatkan skill ini bisa kamu lakukan dengan banyak mengikuti kursus yang mendukung.

Setelah kamu paham keterampilan kerja apa saja yang harus dimiliki untuk bekerja dan cara meningkatkannya, kamu tinggal highlight skill kamu dalam aplikasi lamaran pekerjaanmu. *

Editor: Ade Irwansyah

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply