Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Wednesday, November 13, 2019
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Bekal yang Harus Dimiliki Jika Ingin Jadi Jurnalis Televisi

Topcareer.id – Bagi yang ingin terjun bekerja sebagai wartawan atau jurnalis televisi perlu diingat bahwa setiap profesi menuntut dedikasi dan sikap profesional. Setiap individu harus menjalani profesi dengan sungguh-sungguh dan tidak boleh setengah-setengah.

Tina Agustari seorang associate producer news program ANTV yang telah berpengalaman sebagai jurnalis televisi menyampaikan untuk terus upgrade diri dengan belajar. Semakin banyak yang kita tahu semakin banyak pula yang tidak kita tahu.

Banyaklah membaca dari beragam sumber untuk membuka wawasan dan mengikuti perkembangan jaman. Tina juga menyampaikan tips suksesnya menjadi jurnalis.

Miliki kemampuan reporting dan presenting
Mulai dari mempersiapkan liputan, mencari data, wawancara, menulis berita hingga menyampaikan laporan. Sebagai jurnalis, pada dasarnya bukan semata-mata hanya untuk tampil menyampaikan hasil liputan. Tetapi esensi sebenarnya untuk menyampaikan berita secara langsung ke masyarakat dan masyarakat bisa turut melihat atau merasakan peristiwa di lokasi kejadian baik melalui layar kaca maupun media cetak.

Kembangkan kemampuan untuk menyampaikan laporan di depan kamera
J
urnalis televisi harus bisa melakukan stand up atau menyampaikan laporan di depan kamera baik yang sifatnya live atau taping.

Wawasan luas
Sebelum turun lapangan, wajib riset dulu sehingga menguasai masalah yang akan kita liput. Harus bisa untuk selalu mempersiapkan dengan baik hal apa saja yang diperlukan untuk reportase dan wawancara. Tina menegaskan “Tidak boleh turun ke lapangan dengan “kepala kosong”. Karena itu sebelum turun lapangan, wajib riset dulu sehingga menguasai masalah yang akan diliput.”

Selalu siap bertugas
Setiap jurnalis harus siap ditugaskan ke mana saja. Siap on call 24 jam. Wajib siap ditugaskan ke mana saja, termasuk ke tempat-tempat yang seharusnya dihindari orang. Dan pada suatu kondisi tertentu, seorang jurnalis yang baik dituntut untuk memilki kemampuan untuk bekerja sendiri dalam meliput sebuah peristiwa tanpa bantuan kamerawan.

Time management
Jurnalis televisi harus taat deadline. Harus mampu membuat laporan dalam waktu sempit. Hargai waktu. Untuk menjadi jurnalis kamu juga harus menghargai waktu dan bekerja dengan efektif serta efisien. Karena kamu akan selalu bekerja berpacu dengan deadline.

Kesuksesannya terus berlanjut hingga sekarang masih tetap berkiprah di dunia jurnalistik sejak tahun 2003. “Setiap orang punya ukuran sukses masing-masing. Bagi saya achievement terbesar adalah kaya pengalaman, networking dan wawasan yang luas,” ungkap Tina pada Topcareer.id. *

Editor: Ade Irwansyah

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply