Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Thursday, November 21, 2019
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Trik Jitu agar Hidangan Kamu Seenak Masakan Chef Amerika

Dok. Flavour & the menu

Topcareer.id – Kalau lihat chef di retoran atau di hotel mewah, rasanya kegiatan memasak jadi lebih menyenangkan. Ditambah, rasa makanan yang enggak mengecewakan.

Masakan ala chef resto dan hotel bukannya tak bisa dipraktikkan di rumah. Ada tips sederhana memasak, namun bisa berpengaruh sama cita rasa makananmu usai bergelut di dapur.

Chef asal Amerika, Michael Symon berbagi tips dasar sebelum memulai masak hidangan lezat, dan siapapun bisa mengikutinya, seperti dilansir dalam Food and Wine.

Beli produk makanan terpercaya

Menurut Michael, siapapun memang bisa menjadi koki andal, tetapi jika memasak menggunakan produk yang tidak punya kualitas baik, maka hidangan secantik apapun akan terasa biasa saja saat disantap. Produk yang dijual murah, belum tentu punya kualitas yang setara dengan produk asli.

“Berbeda jika kamu memasak menggunakan produk yang bagus, hidangan yang cantik akan menjadi pelengkap hidangan,” kata Symon.

Pelajari teknik masak

Daripada mempelajari resep yang tak terhitung banyaknya, lebih baik jika belajar teknik memasak. Kalau cuma belajar memasak lewat buku resep, maka hanya memperoleh satu ilmu. Sementara, ketika mempelajari teknik bisa memudahkan kegiatan selama memasak, bahkan menghasilkan item yang berbeda.

“Jika kamu mempelajari teknik, kamu tahu seribu resep karena bisa menggunakan teknik itu untuk menghasilkan seribu item berbeda,” ujar Symon.

Jangan takut pakai garam

Symon menyarankan untuk mempertimbangkan takaran garam yang dipakai lebih dari biasanya. Menurut Symon, perbedaan antara memasak yang baik dan chef yang baik adalah bagaimana mereka membumbui makanannya. Jadi, jangan ragu menggunakan lebih banyak garam.

“Tapi hal ini yang harus kamu ingat, apapun yang kita buat, kita buat seadanya. Siapapun yang berkata, ‘Saya tidak memasak dengan sedikit garam pun, makanan saya tetap enak dan orang-orang menyukainya,’ ingat, mereka sedang berbohong padamu,” Symon berpendapat.

Symon merekomendasikan untuk menggunakan garam kosher dan juga garam laut. Ia bertutur, garamlah yang akan menentukan rasa dari makanan. Tapi, tetap dalam jumlah yang dianjurkan oleh pakar garam.

Belanja bahan makanan saat musimnya

Tomat akan tampak menggiurkan pada musim panas, coba pilih tomat San Marzano yang dikemas dalam kaleng atau sayuran musim seperti squash, bit, dan sayuran akar lainnya. Tomat, salah satu bahan makanan yang hanya akan bertahan pada musimnya.

“Nenek saya selalu memasak hidangan tergantung musimnya. Makanan Italia sangat bagus karena diprogram untuk makan musiman. Makanya sangat lezat dan spesial,” pungkas dia.

Jangan masak daging terlalu lama

Symon menganjurkan, jangan memasak filet daging ribeye terlalu lama karena hanya akan membuang-buang uang. Kalau mau memasak daging hingga lama, pilihlah braciole atau daging dengan rusuk pendek. Daging seperti itu akan tetap empuk walaupun dimasak dalam waktu lama.

“Tapi jika kamu terlalu lama memasaknya, pada dasarnya kamu akan membunuh daging tersebut dua kali,” kata Symon. *

Editor: Ade Irwansyah

hildailhamil@gmail.com'

Leave a Reply