Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Friday, November 15, 2019
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Harus Berapa Kali Bersihkan Handphone untuk Hindari Kuman?

Topcareer.id – Hampir setiap hal di sekitar kita dihinggapi bakteri, termasuk pada handphone atau smartphone yang kamu gunakan setiap saat. Mungkin kamu perlu membersihkannya dalam jangka waktu tertentu biar nggak mudah terserang penyakit.

Kamu nggak bisa menebak seberapa banyak bakteri yang hinggap di ponsel. Konon, kuman yang bisa membuatmu sakit itu karena banyak dari kita menyentuh ponsel saat makan. Perlu ekstra hati-hati ketika kamu menggunakan ponsel saat makan.

“Kuman penyebab penyakit, termasuk jenis yang menyebabkan keracunan makanan, masuk angin, dan infeksi lainnya, hanya dapat membuatmu sakit jika mereka memasuki tubuh,” kata Philip Tierno, seorang profesor klinis mikrobiologi dan patologi di Langone School of Medicine di Universitas New York dalam laman Time.

Jadi seberapa sering kamu harus membersihkan ponsel, itu tergantung bagaimana kamu menggunakan perangkatmu sehari-hari. Apakah dipakai juga saat sedang makan? Jika kamu tidak pernah menggunakan ponsel saat makan, kamu tidak harus rajin membersihkan perangkat.

Tetapi jika kamu cenderung menggunakan smartphone sepanjang waktu, termasuk saat makan, pembersihan setiap hari dengan penyeka disinfektan adalah ide yang bagus.

“Saya membersihkan milik saya dua kali sehari, sekali di pagi hari dan sekali di malam hari,” kata Tierno.

Pembersihan secara teratur mungkin sangat bermanfaat jika kamu menggunakan penutup telepon karet. Bakteri cenderung lebih mudah melekat pada bahan itu daripada komponen logam, kaca atau plastik keras smartphonemu.

Selain itu, tepi terangkat tempat ponsel dan pelindungmu dapat menjebak bakteri lebih efektif daripada permukaan ponsel yang lebih halus, sehingga celah-celah tersebut membutuhkan perhatian ekstra saat kamu melakukan desinfeksi.

Jika kamu khawatir akan melukai ponselmu, Apple dan produsen lain merekomendasikan untuk mematikan telepon sebelum membersihkan, dan hindari cairan masuk ke port pengisian daya perangkat atau lubang lainnya.

Selain itu, jangan semprotkan desinfektan langsung ke perangkat. Sebagai gantinya, semprotkan ke kain bersih atau handuk kertas, atau gunakan lap disinfektan yang sudah diolah.

“Saya sudah melakukan ini sejak lama, dan saya tidak pernah merusak ponsel saya,” kata Tierno.

Jika semua kegiatan membersihkan ponsel merepotkanmu, ada solusi yang lebih sederhana, yakni cuci tangan sebelum makan, dan tinggalkan ponsel di saku saat makan. *

Editor: Ade Irwansyah

hildailhamil@gmail.com'

Leave a Reply