Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Wednesday, November 13, 2019
redaksi@topcareer.id
Info Beasiswa

Hal Ini Penting Diketahui Calon Peserta CPNS 2019

Topcareer.id – Banyak yang sedang menantikan tes masuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Ada yang sudah mulai mempersiapkan diri, baik menyiapkan dokumen maupun menyiapkan mental jauh-jauh hari sebelum tes dibuka. Apakah kesulitan dalam proses seleksi CPNS tahun ini sama dengan tahun kemarin?

Pada tahun 2018 kemarin banyak peserta yang mengungkapkan bahwa proses pendaftaran online adalah proses yang cukup menguras hati dan kesabaran. seperti yang dikatakan Sendy Tias Triana, salah satu CPNS yang berhasil lolos tahun lalu pada Topcareer.id, Senin(14/10/2019).

Ia mengaku kesulitan dan harus banyak bersabar untuk melakukan login karena saat itu pendaftaran hanya melalui 1 pintu, yaitu secara online untuk seluruh peserta seluruh Indonesia. Kebayangkan bagaimana susahnya saat login? Jadi usahakan kamu langsung mendaftar begitu pendaftaran dibuka.

“kemarin itu banyak yang gugur di tahap pendaftaran online karena dokumen yang diunggah tak sesuai sama yang diminta, jadi kalau kita mau upload pastkan dan lebih teliti lagi terhadap semua dokumen, apakah sudah sesuai dengan syarat yang diminta,” ungkapnya.

Setelah lulus tahap pendaftaran, Sendy harus mengikuti tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Dalam SKD ini, semua orang akan mendapat dan mengerjakan soal yang sama.

Setelah lolos ia kembali menjali tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Nah, setiap peserta akan mendapatkan soal berbeda tergantung formasi yang diambil. Jangka waktu dari tes SKD ke tes SKB sekitar 1 bulan.

Sendy juga memberi tips bagi peserta yang akan mengikuti tes CPNS 2019 ini. “Untuk yang mau melamar formasi pendidikan guru SD, coba dipelajari lagi soal-soal waktu SMA, karena ternyata di tes SKB itu ada banyak soal fisika yang keluar,” sarannya.

Ia juga menyarankan untuk datang lebih awal di hari tes. “Paling nggak datang satu jam sebelumnya. Dan sebelum berangkat pastikan lagi semua dokumen yang diminta sudah lengkap dan jangan sampai ada yang ketinggalan,” ujarnya.

“Dan terakhir yang paling penting, berdoa. Kalau semua usahanya sudah dijalanin, tinggal berserah diri aja,” katanya. *

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply