Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Monday, November 18, 2019
redaksi@topcareer.id
Tren

Hasil Riset: Pria Lebih Banyak Bicara Dibanding Wanita

Topcareer.id – Wanita memiliki reputasi cerewet, tapi dalam beberapa penelitian mengenai itu menunjukkan bahwa sebenarnya pria lebih cerewet dibanding wanita.

Masih belum percaya? Beberapa penelitian di bawah ini telah membuktikan bahwa sebenarnya pria lebih banyak berbicara dibanding wanita

Geoffrey Beattie, Psikolog Universitas Manchester, 24 dari 56 tinjauan studi mengenai komunikasi pria dan wanita menyimpulkan hasil akhir bahwa pria berkata lebih banyak dibanding wanita setiap harinya.

Hal tersebut juga didukung oleh pernyataan Matthias Mehl, Psikolog Universitas Arizona. “Streotipe yang telah tersebar luas mengenai wanita berbicara lebih aktif dibanding dengan pria tidak berdasar ” ujar Mehl.

Baca juga: Survei Membuktikan, 8 dari 10 Karyawan Menangis di Tempat Kerja

Selama enam tahun penelitian, Mehl bersama timnya merekam percakapan 400 mahasiswa dan mahasiswi Amerika dan Meksiko.

Mehl mengembangkan EAR (electronicall activated recorder) dengan hasil wanita berbicara rata-rata 16,215 kata dalam keadaan sadar. Sedangkan pria sebanyak 15,669. Perbedaan tidak terlalu signifikan secara statistik.

Wanita lebih banyak bicara hanya mitos

Louann Brizendine penulis buku yang lebih membahas mengenai “Otak Wanita”, juga menolak klaim wanita lebih cerewet dibanding pria. Menurutnya, streotipe bahwa wanita lebih banyak berbicara dibanding pria sekarang ini lebih dihubungkan dengan mitos.

“Otak pria dengan wanita memang berbeda, tapi studi terbaru membuktikan bahwa lebih banyak kesamaan dibanding perbedaan di antara keduanya,” tambah Brizendine.

Campbell Leaper, Psikolog Universitas California Santra Cruz juga menemukan kecenderungan tipis bahwa pria lebih suka berbicara dibanding wanita. Perbedaan ini menurut Leaper disebabkan oleh keadaan sosial. Wanita lebih nyaman berbicara mengenai perasaannya saat bergaul, sedangkan pria lebih berkuasa dan dominan saat mengambil keputusan.

Kebiasaan suka berbicara juga dipengaruhi apakah seorang tersebut sedang berbicara dengan sesama jenis atau lawan jenis.

Kebanyakan dari kita baik pria atau wanita akan lebih nyaman berbicara dengan sesama jenis. Terlebih pria lebih menyimpan masalahnya dan hanya berbicara pada sesama jenisnya. Berbeda dengan wanita yang bisa lebih bicara dengan siapa saja. * Diolah dari berbagai sumber.

ade.irwansyah@gmail.com'
the authorAde Irwansyah

Leave a Reply