Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Wednesday, November 13, 2019
redaksi@topcareer.id
Tren

Kolaborasi DANA dan JNE Jawab Tantangan Ekonomi Digital

Topcareer.id – Fintech, logistik, dan e-commerce jadi industri yang sedang naik daun di tengah menggilanya kemajuan teknologi.

CEO dompet digital DANA, Vincent Iswara mengatakan sektor perdagangan elektronik atau e-commerce adalah salah satu motor utama penggerak ekonomi digital Indonesia saat ini.

Sektor ini bahkan digadang-gadang mampu menjadi pilar utama menguatnya perekonomian nasional dengan prakiraan transaksi sebesar USD 4,45 triliun pada 2021.

Namun, dunia e-commerce masih memiliki tantangan soal logistik dan pembayaran, mengingat luasnya geografis Indonesia.

Alat pembayaran untuk mendukung transaksi di platform-platform e-commerce mayoritas juga masih berbasis layanan perbankan.

“Ini menjadi tantangan jika melihat fakta masih banyaknya jumlah masyarakat Indonesia yang belum memiliki akses ke layanan perbankan. Tantangan lain adalah logistik sehubungan dengan kondisi geografis Indonesia yang luas dan berbentuk kepulauan,” ucap Vincent di acara Joint Media Briefing DANA & JNE, Capital Place, Jakarta Selatan, Selasa (15/10/2019).

Baca juga: Uang Elektronik, Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya

Vincent menilai, kolaborasi antara teknologi pembayaran digital dan logistik menjadi salah satu solusi yang sangat baik untuk membantu mengatasi masalah tersebut.

Kemitraan antara penyedia infrastruktur pembayaran digital seperti DANA dengan penyedia jasa logistik seperti JNE dinilai mampu membuka peluang untuk terus meningkatkan kontribusi dalam mendukung laju pertumbuhan perekonomian nasional.

“Kami berharap kolaborasi DANA dan JNE dapat menjadi pilihan solusi yang efektif bagi pelaku ekonomi digital dari berbagai skala dan segmentasi dalam menjawab tantangan ini,” ujar Vincent.

Presiden Direktur JNE, Mohamad Feriadi menyampaikan kolaborasi JNE dengan DANA akan menghasilkan fasilitas pembayaran cashless bagi semua pelanggan JNE. Manfaat dan kemudahan yang dihadirkan adalah mempercepat proses transaksi dalam pengiriman paket dan jual beli online.

Kolaborasi ini menghasilkan transaksi yang mudah dan praktis. Pelanggan JNE yang memanfaatkan DANA akan menerima notifikasi untuk melakukan pembayaran atas jasa ekspedisi yang diterimanya. Pelanggan dapat memilih membayar menggunakan saldo, kartu debit, atau kartu kredit yang tersimpan pada dompet digital, DANA.

Editor: Feby Ferdian

hildailhamil@gmail.com'

Leave a Reply