Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Monday, November 18, 2019
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Idap Gangguan Mata Computer Vision Syndrome (CVS), Ini Tipsnya?

Topcareer.id – Computer Vision Syndrome (CVS) adalah sindrom gangguan pada mata akibat terlalu lama menatap layar komputer. Sindrom gangguan ini bisa dicegah.

Berikut beberapa tips yang dapat membantu kamu mengurangi CVS.

Atur pencahayaan
Pencahayaan sangat mempengaruhi ketegangan mata kamu, lho. Atur cahaya layar komputer kamu agar tidak terlalu silau. Namun, ketegangan mata bukan hanya disebabkan oleh cahaya komputer saja, tetapi cahaya ruangan dan cahaya matahari juga turut beresiko terhadap gangguan mata yang kamu alami.

Baca juga: Kelamaan Menatap Komputer? Awas Gangguan Mata CVS

Jadi pastikan cahaya ruangan kamu tidak terlalu terang dan membuat silau mata. Sebaiknya kamu juga menghindari duduk berhadapan dengan jendela, jika kamu diharuskan duduk dekat jendela, maka minta perusahaan untuk memasang gorden untuk meminimalkan pencahayaan matahari yang menyilaukan.

Posisi meja
Posisi yang baik untuk menatap layar monitor adalah dengan menundukan sedikit kepala dan beri jarak mata dan layar komputer sekitar 20-28 inci. Dengan begitu kamu tidak perlu meregangkan leher atau meregangkan mata untuk melihat apa yang ada di layar. Materi atau bahan-bahan yang sudah kamu kerjakan sebaiknya di-print sehingga kamu mengurangi membaca menggunakan komputer.

Istirahatkan mata
Cobalah teknik 20-20-20, teknik ini menyarankan kamu untuk berpaling dari layar komputer selama 20 menit atau kamu dapat beralih melihat lingkungan sekitar dengan jarak 20 kaki selama 20 detik. Jangan lupa untuk sering mengedipkan mata ketika kamu terus menerus menatap laya komputer, karena berkedip berguna untuk melembabkan mata. Jika merasa mata kamu terlalu kering, cobalah untuk menggunakan tetes mata.

Baca juga: Bahaya Kesehatan Mengintai Saat Terjebak Macet Tiap Hari

Terakhir, jangan lupa untuk memeriksakan mata kamu ke dokter secara teratur (minimal setahun sekali). Konsultasikan juga semua keluhan mata yang kamu alami, mungkin kamu memerlukan kacamata atau lensa kontak untuk menunjang penglihatan kamu yang semakin buruk . *

Editor: Ade Irwansyah

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply