Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Friday, November 15, 2019
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

8 Tips Jadi Pendengar yang Baik

Topcareer.id – Ketika kamu tahu orang lain benar-benar mendengarkanmu, itu akan membuatmu merasa dihargai. Kamu jadi merasa aman, dimengerti, dan penting.

Sayangnya, seni menjadi pendengar yang baik sekarang seolah semakin hilang. Padahal kemampuan ini memiliki banyak manfaat untuk orang lain.

Mengutip liveboldandbloom, Selasa (15/10/2019), berikut ada beberapa cara untuk menjadi pendengar yang baik.

Hapus atau hindari gangguan
Jika kamu akan bercakap-cakap dengan seseorang (atau beberapa orang), luangkan waktu sejenak untuk mengantisipasi kemungkinan gangguan.

Jika seseorang perlu berbicara denganmu di tengah-tengah proyek atau tugas, minta mereka untuk menunggu sampai kamu selesai, multi-tasking tidak memungkinkan seseorang mendengarkan dengan benar.

Jika kamu berada dalam lingkungan sosial, dan kamu diminta berbicara empat mata dengan seseorang, cobalah untuk minggir ke tempat yang tenang.

Perhatikan komunikasi non-verbal dan nada suara
Mendengar kata-kata seseorang hanyalah sebagian kecil dari menjadi pendengar yang baik. Orang berkomunikasi jauh lebih banyak melalui ekspresi, bahasa tubuh, dan nada suara.

Pelajari seni membaca apa yang orang-orang katakan di luar kata-kata mereka. Ini dapat membantumu menjadi lebih berbelas kasih dan lebih pengertian terhadap orang lain.

Jadilah cermin (Mirroring)
Teknik hebat untuk mendengarkan secara aktif antara lain dengan meniru orang yang kamu dengarkan, namun tanpa terlihat meniru mereka.

Cobalah untuk memantulkan kembali nada suara dan pola bicara yang sama. Kamu juga dapat mencerminkan gerakan dan bahasa tubuh mereka.

Mirroring membantu membangun hubungan dengan orang lain, dan itu mendorong perasaan bahwa kamu memiliki sikap dan gagasan yang sama.

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply