Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Wednesday, November 13, 2019
redaksi@topcareer.id
Tren

DANA Gencar Ingatkan Pentingnya Dompet Digital

Topcareer.id – Meski pengguna dompet digital tercatat meningkat dari tahun ke tahun, masih ada sebagian masyarakat yang belum percaya dengan keamanannya. Kesadaran akan keamanan itulah yang tengah dibangun oleh salah satu pemain digital payment di Indonesia, DANA.

CEO dan salah satu Founder DANA, Vincent Iswara mengatakan minimnya kepercayaan akan keamanan dikarenakan hal ini masih sesuatu yang baru. Ada kebiasaan yang perlu diubah dari kebiasaan sebelumnya.

“Kami harus jalankan dulu bagaimana meyakinkan mereka bahwa ini (dompet digital) lebih aman. Kesadaran akan keamanannya. Kedua meyakinkan bahwa ini (dompet digital) sesuatu yang lebih baik,” ujar Vincent saat ditemui Topcareer.id di Capital Suites, Jakarta Selatan, Selasa (15/10/2019).

Menurut Vincent, transaksi dengan cash saat ini juga memiliki risiko. Mulai dari risiko uang palsu hingga kemungkinan ada uang yang tidak layak digunakan. Apalagi jika menyangkut transaksi e-commerce lewat COD (cash on delivery) yang rawan penipuan.

Karena itu, DANA saat ini terus membangun kesadaran masyarakat bahwa dompet digital itu aman dan mudah digunakan. Apalagi, jika dompet digital dikembangkan secara benar sesuai regulasi dan aturan yang berlaku, maka akan terasa mudah sekali untuk berpindah ke cashless.

Baca juga: Uang Elektronik, Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya

Vincent menyampaikan, transaksi yang dilakukan melalui dompet digital ini nol persen terjadi kemungkinan kerugian ataupun penipuan. Dengan digital payment, pengguna dapat memastikan bahwa penerima serta penggunanya adalah orang yang benar. Lalu bisa memastikan transaksinya terjadi secara benar.

“Contohnya kalau kita melihat pembayaran dengan kartu debit atau kredit. Sekarang ini kalau non digital kita harus berikan kartu, karena nomor kartunya harus dicatat kan? Terus itu semua bisa diambil atau disalahgunakan kalau tidak diberikan kepada orang yang benar,” jelas Vincent.

“Dengan digital kita bisa meng-cover itu semua. Kita bisa encrypt. Tanpa nomor kartu, tanpa nomor CVC (Card Verification Code). Jadi kita bisa proteksi data,” ujarnya.

Baca juga: OVO Resmi jadi Unicorn ke-5 di Indonesia

Vincent menambahkan, masyarakat kini mulai sadar jika dompet digital merupakan sesuatu yang baik. Ini menunjukkan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap terobosan ini semakin bagus.

“Setahun terakhir pembayaran digital untuk e-money server atau non server combine sudah melebihi jumlah transaksi kartu debit dan kredit dalam satu tahun. Jadi, kami melihat potensi ke depannya itu lebih melebar lagi.”

Editor: Feby Ferdian

hildailhamil@gmail.com'

Leave a Reply