Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, March 19, 2024
redaksi@topcareer.id
Profesional

Mau Jadi Chef Andal? Ketahui Dulu Teknik Memotong Ini

Topcareer.id – Pernah lihat chef di dapur memotong bahan-bahan masakan pakai speed super cepat? Ternyata memotong bahan makanan, seperti wortel, paprika, atau tomat punya teknik-tekniknya sendiri sehingga menghasilkan potongan yang punya bentuk berbeda.

Dengan bentuk yang berbeda itu juga mempengaruhi rasa sayur dan tingkat kematangannya. Ada teknik-teknik potong sederhana yang biasa dilakukan oleh para chef. Seperti dilansir The Daily Meal, berikut teknik potong untuk beberapa jenis sayuran.

Baca juga: Begini Proses Chef Bikin Menu Baru

Batonnet

Teknik memotong satu ini membuat sayuran berbentuk persegi panjang, tetapi ukuran agak tebal. Jika dirinci lagi, besar sayuran harus memiliki lebar dan tinggi sekitar 1/4 inci, sementara panjang sayurnya 5 sampai 6 cm.

Julienne

Hampir mirip dengan teknik Batonnet, sayuran hasil teknik memotong ini bentuknya persegi panjang namun dalam ukuran yang lebih kecil dari Batonnet. Biasanya untuk lebih simple dalam pengerjaannya, teknik ini bisa dilakukan dengan membagi potongan Batonnet menjadi dua bagian.

Dimensi sayur hasil potongan Julienne, yakni memiliki panjang dan lebar 1/8 inci, sedangkan panjangnya hanya 3 sampai 5cm.

Brunoise

Teknik ini membuat hasil sayuran berbentuk dadu kecil, yakni sekitar 1/8 inci atau 0,375 cm. Dadu teknik Brunoise bisa dilakukan dengan mudah dengan membagi potongan dari teknik Julienne.

Baca juga: Mau Jadi Chef Profesional? Ini Dua Jalur yang Bisa Ditempuh

Macedoine

Sama seperti Brunoise, teknik Macedoine membentuk sayuran seperti dadu, namun dalam ukuran yang lebih besar. Sayuran akan memiliki bentuk kubus dengan sisi sebesar 1/4 inci. Untuk memudahkan teknik ini, awali teknik memotong Batonnet, baru dibagi kecil-kecil seperti dadu.

Paysanne

Jika teknik Macedoine membentuk sayuran seperti kubus, teknik Paysanne membentuk sayuran seperti kotak, tetapi pipih. Untuk mempermudah teknik pemotongan Paysanne, dahului dengan Batonnet, kemudian potong menjadi beberapa bagian yang lebih tipis.

Lebih detailnya, ukuran sayuran yang dihasilkan dari teknik ini memiliki panjang dan lebar sekitar 1/2 inci dengan ketebalan hanya 1/8 inci. *

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply