Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Saturday, November 23, 2019
redaksi@topcareer.id
Profesional

4 Cara Efektif dalam Menyampaikan Ide

Topcareer.id – Sebagian besar orang memiliki ide-ide yang mengejutkan. Namun penyampaian yang kurang efektif akan membuat ide itu kurang bisa diterima. Sayang sekali, bukan?

Melansir opportunitydesk.org, Rabu (16/10/2019), berikut cara efektif dalam menyampaikan ide. Selain bisa diterima, penyampaian yang bagus juga akan membuat ide mu bertahan lama di pikiran mereka.

Sampaikan ide dengan simple 
Supaya mudah diingat, sampaikan ide dengan sesederhana mungkin. Lepaskan ide kamu dalam bentuk potongan-potongan kecil sampai kamu mencapai intinya.

Lampaui harapan orang
Gagasan yang mengejutkan cenderung diingat untuk waktu yang sangat lama. Karena itu, fokuskan ide-ide kamu pada sisi yang akan meningkatkan minat, keingintahuan, dan kewaspadaan orang.

Jawablah keingintahuan mereka sedikit demi sedikit sampai ide kamu benar-benar meresap ke dalam pikiran mereka.

Baca juga: 6 Pertanyaan Pemicu Lahirnya Ide Bisnis Hebat

Buktikan kebenaran dan kredibilitas ide kamu
Secara psikologis, otak manusia terlatih untuk mengingat bahasa yang konkret. Jadi daripada mengatakan, “Banyak orang mendapat manfaat dari proyek ini,” cobalah untuk mengatakan “Proyek ini berdampak langsung pada 1000 orang entrepreneur.”

Hubungkan ide kamu dengan emosi orang
Cerita merupakan cara yang bagus untuk mengajak orang terhubung dengan emosi, serta membuat mereka bertindak berdasarkan ide-ide yang disampaikan. Jadi, cobalah sisipkan cerita supaya para audiens merespons ide-ide kamu dengan lebih efisien.

Cara-cara di atas dapat digunakan untuk menyajikan ide yang sukses. Kamu bisa mencobanya ketika kamu membuat presentasi untuk rapat ataupun pidato.

Editor: Feby Ferdian

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply