Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, Oktober 27, 2021
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

5 Tipe Bos yang Harus Kamu Ketahui

Topcareer.id – Setiap bos pasti memiliki karakternya sendiri. Mulai dari yang jago memotivasi hingga yang membuat kita malas datang ke kantor.

Untuk itu, penting rasanya untuk mengetahui tipe-tipe bos yang ada di kantor, sehingga kita tahu bagaimana harus menghadapinya.

Dikutip dari Randstad.in, Kamis (17/10/2019), berikut lima di antaranya:

Visionaries

Jeff Bezos dari Amazon atau Elon Musk dari Tesla adalah salah satu bos dengan tipe ini. Mereka tidak hanya dapat memprediksi peluang di masa yang akan datang, namun juga memiliki ambisi yang besar untuk mencapainya.

Bos visioner dikenal sebagai pemimpin yang inovatif, suka bereksperimen dan memiliki dorongan yang kuat untuk mengetahui pasar dan perilaku konsumen. Biasanya bos visioner mencari karyawan yang berinisiatif tinggi dan mau terus mengembangkan diri.

Jika kamu bekerja dengan bos tipe ini, jadilah pendengar yang baik, pahami visi misi mereka, jangan takut mengambil resiko, dan tunjukan antusiasme pada semua hal yang dilakukan.

Bos tipe visioner akan menghargai semua yang kamu lakukan. Sekalipun kamu membuat kesalahan, mereka akan memaklumi asalkan kamu mau belajar dari kesalahan dan pantang menyerah untuk mencoba lagi sampai berhasil.

Micromanager

Atasan dengan tipe ini, akan selalu mencampuri semua urusan pekerjaan sampai detail terkecil. Mereka selalu memerintah karyawannya dan tidak suka jika karyawannya berkata “tidak”.

Bekerja dengan atasan seperti ini pasti merumitkan, tapi mereka tidak akan membiarkan kamu menghadapinya sendiri. Jadi kamu harus sering-sering melapor terkait apa yang akan kamu kerjakan.

Baca juga: Pahami Karakter Bos Dari Zodiaknya

Coaches

Bos tipe ini sering memberi motivasi dan membimbing karyawannya untuk bisa melakukan yang terbaik, dan bisa mencapai tujuan yang diinginkan.

Jika kamu bekerja dengan bos tipe ini, kamu harus bersikap terbuka, bicarakan apa yang menghambat kamu dalam pekerjaan, sehingga mereka akan membantu mencarikan solusi. Kalau kamu memiliki pertanyaan, jangan sungkan untuk memberitahunya karena mereka akan menghargai itu.

Collaborators

Tipe bos seperti ini mengedepankan komitmen dan kerjasama tim. Mereka lebih suka membuat ide dan melaksanakan proyek bersama-sama. Mereka juga dianggap ramah dan memiliki pemikiran terbuka. Seringkali menyenangkan bekerjasama dengan bos tipe ini, karena mereka tidak akan membeda-bedakan karyawan dan cenderung membuat pekerjaan menjadi lebih mudah.

Jika kamu bekerja dengan bos tipe ini, kamu harus siap bekerja dengan tim dan jangan sungkan untuk mengungkapkan pendapat yang kamu miliki. Mereka akan menyambut dan mempertimbangkan semua pendapat kamu dengan baik dan bijaksana.

Baca juga: Selamatkan Kariermu! Ini 8 Tanda Bosmu Beracun

Competition seekers

Situasi kompetitif akan membangkitkan semangat bos tipe ini. Mereka akan bermain untuk menang. Mereka memiliki ciri-ciri disiplin yang tinggi, suka tantangan dan bekerja dengan cepat. Mereka pun tidak mengenal waktu, hingga mencapai tujuan yang diinginkan.

Jika kamu bekerja dengan bos tipe ini, bekerja keraslah dan berikan hasil terbaik yang bisa kamu lakukan. Cobalah juga untuk bersikap kritis.

Editor: Feby Ferdian

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan