Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, March 29, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Baiknya Makan Sebelum Olahraga Atau Sesudah?

Topcareer.id – Beberapa di antara kita, ada yang membekali perut (makan) sebelum berolahraga secara total, karena dinilai bisa memberi energi lebih ketika olahraga. Tapi, ada juga yang baru makan setelah melakukan olahraga. Sebenarnya mana yang betul?

Menurut pelatih pribadi Toby Huntington-Whiteley, yang berbasis di gym tinju Kobox, London, pra-olahraga mutlak yang tidak boleh dilakukan adalah memanjakan diri dalam makanan porsi besar dan berlemak tinggi.

Menurutnya hal ini bisa berbahaya pada sistem pencernaan, belum lagi ketidaknyamanan yang tak terelakkan jika harus berolahraga dengan perut penuh.

Sementara, seorang ahli gizi Harley Street terkemuka, Rhiannon Lambert mengatakan, salah satu kesalahpahaman pra-latihan yang paling umum adalah mengandalkan minuman olahraga sebagai pengisi energi, yang sebenarnya mengandung dua pertiga gula seperti softdrink.

“Tidak peduli seberapa efektif, mereka tidak pernah dapat menggantikan gaya hidup sehat dengan makanan nyata, olahraga, dan tidur nyenyak,” kata ahli gizi dan penulis itu kepada The Independent.

Sebagai gantinya, Lambert menyarankan hidrasi dengan air sebelum berolahraga. Sementara Huntington-Whiteley menyarankan memilih makanan ringan satu jam atau lebih sebelumnya, idealnya mengandung karbohidrat dan protein seperti smoothie.

Ia menambahkan, kopi atau teh hijau juga dapat bermanfaat sebelum latihan, karena akan membantu meningkatkan metabolisme dan memberikan antioksidan.

Pasca-olahraga

Lambert menjelaskan, adapun pasca-olahraga, sangat penting mengisi makanan dengan benar untuk membantu pemulihan otot. Namun, ia menunjukkan bahwa pengisian bahan bakar dengan karbohidrat sama pentingnya dengan protein.

“Kombinasi ini akan membantumu membangun kembali protein otot dan simpanan glikogen selain menstimulasi pertumbuhan otot baru,” katanya.

Adapun waktu, Lambert menyarankan makan dalam waktu 45 menit setelah menyelesaikan olahraga. “Kemampuan tubuh untuk membangun kembali glikogen dan protein ditingkatkan setelah kamu berolahraga,” ujarnya.

Makanan seperti quinoa, telur, oat, dan keju cottage semuanya merupakan protein yang baik dan kaya karbohidrat. Namun, hal terpenting untuk melakukan sebelum dan sesudah latihan adalah yang paling sederhana: air.

Leave a Reply