Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Friday, November 15, 2019
redaksi@topcareer.id
ProfesionalTips Karier

Bikin Kesalahan di Kantor? Lakukan Hal Ini Agar Tak Dipecat

Topcareer.id – Semua orang pasti membuat kesalahan. Namun membuat kesalahan di tempat kerja bisa mempengaruhi penilaian atasan kamu. Hal ini juga bisa membahayakan hubungan dengan klien, atau menyebabkan masalah hukum.

Dikutip dari thebalancecareers.com, Jumat (18/10/2019) Ketika kamu membuat kesalahan di tempat kerja, karier kamu bergantung pada apa yang akan kamu lakukan selanjutnya.

Berikut ini ada langkah yang bisa diambil supaya karier kamu bisa terselamatkan.

Akui kesalahan kamu
Begitu melakukan sesuatu yang salah, segera beri tahu atasan kamu. Jangan coba-coba menyembunyikan kesalahan kamu, apalagi jika itu kesalahan besar.

Sampaikan rencana perbaikan
Saat menyampaikan kesalahan yang sudah kamu lakukan, yakinkan pada atasanmu bahwa kamu sedang mengusahakan solusinya. Jangan lewatkan kesempatan untuk menunjukkan keterampilan diri dalam memecahkan masalah.

Baca juga: Waspada! Ini 4 Tanda Kamu terancam Di-PHK

Jangan menyalahkan orang lain
Daripada menunjuk kesalahan pada orang lain, mintalah secara baik-baik pada rekan-rekan satu tim untuk bersama-sama menemui atasan dan melaporkan bahwa ada sesuatu yang salah.

Jangan terlalu menyalahkan diri sendiri
Ada perbedaan besar antara mengambil tanggung jawab dan menyalahkan diri sendiri. Akui kesalahan kamu, tetapi jangan mencaci maki diri sendiri, terutama di depan umum. Jika kamu terus menyalahkan dirimu, akan melekat di pikiran orang bahwa hidup kamu penuh dengan kesalahan.

Jika mungkin, gunakan waktumu sendiri
Mulailah datang bekerja lebih awal dan habiskan waktu makan siang di meja kamu supaya solusi yang kamu kerjakan bisa lekas selesai. Dapatkan izin dari atasan kamu jika kamu harus bekerja lebih lama.

Editor: Feby Ferdian

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply