Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Wednesday, November 13, 2019
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Cara Mengatasi Kritik Negatif Di Kantor

Ilustrasi. Sumber foto: The Independent

Topcareer.id – Banyak orang bersikap defensif atau sedih ketika dikritik di tempat kerja.

Kritik negatif tidak mungkin dihindari karena setiap manusia pasti melakukan kesalahan.

Dalam banyak kasus, orang tidak dilatih untuk menerima kritik secara konstruktif. Hal ini sangat membutuhkan banyak latihan! Terlalu larut dalam kesedihan akibat kritik negatif akan berpengaruh buruk terhadap kinerja.

Melansir positivesharing.com, Senin (21/10/2019), ada cara terbaik untuk menerima feedback negatif, berikut beberapa di antaranya:

Mendengar dengan baik
Dengarkan baik-baik apa yang dikatakan orang. Jika perlu, ajukan pertanyaan untuk memastikan kamu memahami kritik sepenuhnya.

Asumsikan niat baik
Anggaplah kritik sebagai niat baik. Jangan secara otomatis menyimpulkan bahwa orang yang mengkritik berarti ingin menjatuhkanmu.

Baca juga: Cara Mudah Sampaikan Kritik dengan Baik

Jangan defensif
Daripada menghindar dari kenyataan, sebaiknya kamu mengatakan apa yang sudah kamu pelajari selama ini dan apa yang akan kamu lakukan secara berbeda mulai sekarang.

Jangan tersinggung
Ingatlah bahwa mereka mengkritik pekerjaan kamu, bukan kamu sebagai pribadi. Jangan pernah menyamakan feedback negatif tentang pekerjaan sebagai kritik pribadi terhadap kamu.

Lihat kritik sebagai bantuan
Ingat, semua feedback negatif sering merupakan bentuk tanda minat dan tanda bahwa orang ingin membantu kamu melakukan yang lebih baik. Akan jauh lebih buruk jika mereka tahu kamu melakukan pekerjaan buruk tetapi tidak menyampaikan apapun pada dirimu.

Jangan keras kepala
Setiap orang membuat kesalahan dan memiliki banyak hal untuk dipelajari. Tidak ada yang salah dengan membuat kesalahan, tetapi membuat kesalahan yang sama berulang-ulang karena kamu menolak mendengarkan kritik merupakan hal yang bodoh.

Sampaikan terima kasih
Berterima kasihlah atas tanggapan negatif mereka. Karena kamu bisa mendapat banyak pelajaran dan kamu bisa memperbaiki diri lebih baik lagi

Editor: Feby Ferdian

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply