Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Monday, November 18, 2019
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Yuk, Coba 4 Permainan Seru Ini di Kantor

Topcareer.id – Kegiatan mempererat dan membangun kebersamaan tim bisa dilakukan melalui permainan. Ini adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kinerja, produktivitas, dan kreativitas tim.

Inti dari permainan tersebut adalah untuk mengalihkan perhatian tim dari tantangan pekerjaan yang mereka hadapi. Pada saat yang sama, mereka juga akan melibatkan otak, saling menghibur, dan membantu mempererat ikatan dalam tim.

Mengutip workpuls.com, Senin (21/10/2019), berikut beberapa permainan yang bisa kamu coba bersama tim kamu di kantor.

Lego Quest

  • Peserta: Setidaknya 2 tim + Pemimpin
  • Dibutuhkan: Lego dan timer
  • Durasi: 15 hingga 30 menit

Deskripsi:
Pemimpin permainan harus membangun struktur Lego jauh dari semua peserta. Struktur ini seharusnya tidak terlalu rumit, tetapi juga tidak terlalu sederhana.

Satu orang dari masing-masing tim datang untuk melihat struktur. Mereka datang bersama dan memiliki sekitar 10 detik untuk mengamatinya. Mereka tidak diizinkan mengambil foto, mencatat, atau menggambar sketsa. Setelah pengamatan, mereka harus kembali ke tim mereka dan mencoba menjelaskan apa yang dilihatnya.

Tujuannya menciptakan kembali struktur yang dibangun pemimpin sedekat mungkin, berdasarkan ingatan rekan yang melihatnya. Semua tim memiliki jumlah waktu tertentu untuk menyelesaikan struktur. Begitu timer berdering, tim menyajikan kreasi mereka dan yang paling mirip dengan yang asli menang.

Baca juga: Seru, Permainan Edukatif Ciptaan Mahasiswa PoliBatam

Marshmallow

  • Peserta: Lebih dari 5, dibagi menjadi beberapa tim
  • Dibutuhkan: Spaghetti mentah, tali/pita, marshmallow, timer
  • Durasi: 20 menit

Deskripsi:
Bagilah karyawan menjadi dua tim atau lebih, lalu berikan masing-masing kelompok jumlah yang sama dari spaghetti (50 batang per tim), pita, serta SATU marshmallow.

Tim perlu membangun struktur berdiri bebas yang dapat menopang marshmallow, dan tim yang membangun struktur tertinggi menang. Berikan waktu 15 menit kepada tim untuk menyelesaikan tugas, dan saksikan mereka bekerja. Pemenang mendapat sisa marshmallow 🙂

Kenapa game ini bagus? Karena menunjukkan inovasi, kreativitas, pemecahan masalah dan komunikasi. Sangat bagus untuk membuat tim berpikir di luar kotak.

Gambar terbalik

  • Peserta: Bebas
  • Dibutuhkan: Gambar yang dicetak sebagai model, kertas, pena / spidol
  • Durasi: Selama yang diinginkan

Deskripsi:
Sebelum mulai, buat gambar apa pun, seperti karakter kartun atau yang lain (gambarlah sesuatu yang sederhana). Buat salinan untuk setiap peserta. Setelah itu minta mereka untuk menyalin gambar aslinya semirip mungkin, tetapi dengan tangan yang tidak biasa digunakan.

Misal peserta terbiasa menggunakan tangan kanan, dalam game ini mereka harus menggunakan tangan kirinya. Begitu pula dengan peserta kidal, mereka harus menggunakan tangan kanannya. Kamu bisa menggunakan timer agar lebih menarik.

Tujuan permainan ini untuk meningkatkan kemampuan tenang pada diri peserta dan untuk memicu kreativitas karena menggunakan tangan yang tidak dominan.

Baca juga: Cara Bersenang-senang di Tempat Kerja, dan Mengapa Itu Penting?

Tepuk tangan

  • Peserta: Minimal 3
  • Dibutuhkan: Hanya tangan
  • Durasi: Bebas

Deskripsi:
Dimulai dengan semua orang berdiri di lingkaran. Satu orang (Orang ke 1) mulai dengan bertepuk tangan tunggal, dan mengatakan kemana arah bertepuk tangan dilanjutkan. Orang berikutnya (Orang ke 2) yang ditunjuk akan bertepuk tangan dan memiliki dua opsi tepukan:

  • Tepuk tangan sekali yang berarti tepukan berlanjut menuju pada Orang Ke 3
  • Tepuk tangan dua kali (dengan cepat) berarti tepukan berubah arah (kembali pada Orang ke 1).

Bertepuk tangan harus cepat, sehingga mudah untuk membuat kesalahan. Orang yang melakukan kesalahan keluar dari permainan, dan jumlah peserta terus berkurang sampai ada dua yang tersisa sebagai pemenang. Mereka yang sudah keluar boleh bersorak atau mencoba mengganggu perhatian karyawan yang masih bermain.

Tujuan permainan ini memaksa kamu untuk tetap fokus setiap saat.

Editor: Feby Ferdian

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply