Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Wednesday, November 13, 2019
redaksi@topcareer.id
Profesional

Begini Akal-akalan Food Stylist Bikin Makanan Menggugah Selera

Topcareer.id – Tugas seorang food stylist adalah membuat makanan tampil cantik di depan kamera, meski tak sedikit pula yang membuat “tipuan” agar lebih eye catching. Ada kalanya food stylist menukar kopi dengan kecap asin biar warnanya menggugah.

Dalam laman The Guardian, terangkum beberapa trik tipuan para profesional food stylist dalam membuat tampilan makanan tampak menggiurkan.

Baca juga: Mau Jadi Chef Andal? Ketahui Dulu Teknik Memotong Ini

Tacos: Spons kosmetik menjaga kerang tetap terbuka

Untuk ngakalin tacos yang tampak rapi di depan kamera, seorang food stylist Kim Krejca menggunakan spons kosmetik, lho. Ia menempelkan dua tortilla bersama-sama kemudian menaruh spons kosmetik di belakang daging untuk mencegah kerangnya tertutup.

Sementara, untuk daging sapi yang tampak gelap dan berair, ia melukis potongannya dengan saus cokelat atau biasa disebut Kitchen Bouqet, terbuat dari air dan pewarna makanan. Sedangkan, ada pula yang menggunakan paprika merah demi mengganti tomat potong dadu agar warna lebih hidup. Dan menuangkan sirup jagung pada buncis sehingga terlihat lembab dan segar.

Baca juga: Teknik Masak Paling Susah, Asian atau Western Food?

Sereal: Produk rambut membuat susu tampak sempurna

Hal ini mungkin bisa merusak selera makanmu, namun susu yang digunakan dalam foto sereal biasanya palsu. Karena jika susu yang dipakai benar-benar susu, maka bisa membuat cornflake terlihat basah. Untuk itu, food stylist membuat alternatifnya.

Tamara Kaufman, food stylist Amerika memakai Wildroot, yakni krim rambut putih untuk pria dengan konsentart seperti lotion tabir surya. Sementara, Krejca lebih menyukai metode lama dari lem putih. Kalaupun menggunakan susu itu sebenarnya dengan takaran yang sedikit.

Kopi: Encerkan kecap dan gelatin bisa bikin mulus

Kopi hitam kadang susah difoto  karena kemilau berminyak. Sementara, latte atau cappuccino, busanya bisa cepat menguap. Seorang profesional food stylist, Charlotte Omnès menggunakan kombinasi Kitchen Bouqet, air, dan gelatin.

Ada pula yang menggunakan kecap asin. Atau sekali-sekali harus berimprovisasi dengan krim dan saus yang berwarna cokelat. Kemudian untuk tipuan luar gelas, bisa menambahkan tetes air sabun di sekelilingnya dengan pipet untuk mensimulasikan minuman segar.

Baca juga: Begini Proses Chef Bikin Menu Baru

Es krim atau whipped cream: Mentega tiruan, sirup jagung dan frosting

Es krim dianggap jadi objek foto yang diibaratkan sebagai diva dalam dunia model. Tetapi dalam sesi pemotretan, makanan penutup agak sulit dibentuk, dan jika styling tak dilakukan di ruangan yang dingin, maka akan cepat meleleh. Jadi, untuk membuat es krim, Omnes memadukan frosting (cream cair yang dikocok) dengan gula icing (bahan penghias cake serta kue).

Namun, resep es krim palsu yang paling umum adalah kombinasi antara mentega tiruan, gula bubuk dan sirup jagung. Dan untuk whipped cream, Omnes menggunakan creamer non susu. Untuk milkshake, gunakan krim asam karena tebal dan mudah diaduk. *

Editor: Ade Irwansyah

hildailhamil@gmail.com'

Leave a Reply