Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Thursday, November 21, 2019
redaksi@topcareer.id
Profesional

Cari Tahu Gaji Rekan Kerja Ternyata Berbahaya bagi Kariermu!

Ilustrasi. Sumber foto: careerbuilder.comIlustrasi. Sumber foto: careerbuilder.com

Topcareer.id – Pernah bertanya-tanya apakah kamu digaji secara adil, lalu diam-diam mencari tahu berapa gaji yang rekan kerjamu dapatkan di perusahaan?

Sejumlah pakar karier mengatakan bahwa membahas gaji dengan rekan kerja bisa berdampak negatif. Berbagi informasi gaji bisa menciptakan kebencian terhadap manajemen, dan itu benar-benar dapat menyebabkan lingkungan kerja yang beracun.

Namun, bukan berarti kamu tidak boleh mendapat informasi kisaran gaji untuk membandingkan dengan skill yang kamu punya.

Tapi saat bicara soal gaji, sebaiknya dilakukan terbuka hanya antar karyawan yang bersangkutan dengan HRD.

Dikutip dari monster.com, Rabu 23/10/2019), ada beberapa alasan mengapa kamu tidak perlu mencari tahu berapa gaji rekan kerjamu.

  • Menurunkan semangat dirimu dan rekan kerja
    Mengetahui rekan kerjamu menghasilkan lebih banyak uang daripada kamu bisa menjadi pukulan terhadap semangat kerjamu.
  • Kamu akan menarik kesimpulan berdasar info tidak lengkap
    Sangat jarang kamu memiliki rekan kerja yang memiliki pekerjaan, latar belakang, dan tingkat pengalaman yang persis sama. Dengan kata lain, hampir tidak mungkin untuk membuat perbandingan gaji apple to apple antara kamu dan orang lain. Jika seseorang memiliki pengalaman tambahan sebelumnya, itu bisa mendorong mereka mendapat gaji lebih tinggi. Mungkin juga ada skenario di mana seseorang bergaji kecil tetapi memiliki tunjangan berharga lain yang bisa menyeimbangkan gaji kecilnya. Inti nya orang sering berakhir dengan membuat asumsi tanpa fakta lengkap.
  • Teman kamu bisa terpaksa berbohong
    Kamu tidak bisa selalu percaya bahwa informasi gaji yang kamu dapatkan dari teman itu sepenuhnya benar. Biasanya orang cenderung menambahkan jumlah mereka untuk mencoba terlihat baik.
  • Merusak peluang kamu untuk naik gaji
    Jika kamu berpikir bahwa menemui manajer untuk minta naik gaji dengan ultimatum berdasarkan informasi besaran gaji dari rekan kerja yang kamu tanyakan langsung akan berhasil, kamu salah. Cara seperti ini justru bisa jadi mengancam dirimu dikeluarkan karena itu merupakan sikap yang sangat tidak profesional di mata perusahaan.

Pada akhirnya kepo terhadap gaji rekan kerja bisa menghambat kesuksesan kamu. Tetap fokus pada kinerja pekerjaanmu sendiri sehingga kamu lebih percaya diri ketika tiba saatnya untuk bernegosiasi mengenai peluang naik gaji.

Editor: Feby Ferdian

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply